Taking too long? Close loading screen.

Menu

Pengertian Advertising

Advertising adalah usaha yang bergerak di bidang periklanan dan tidak akan pernah lepas dari ide. Karena dari ide inilah suatu iklan menjadi bernilai. Advertising menyediakan jasa pembuatan konsep,design percetakan serta penempatan iklan, tergantung dengan jenis usaha Advertising.

Advertising merupakan suatu penyajian materi atau pesan secara persuasif kepada masyarakat melalui media massa yang bertujuan untuk mempromosikan produk ataupun jasa yang dijual oleh perusahaan.

Advertising ialah jasa periklanan yang berguna untuk menekspresikan peluang sekaligus mendramatisasi produk yang dijual oleh perusahaan melalui penggunaan percetakaan dengan warna yang berseni supaya dapat menarik perhatian konsumen atau pelanggan.

Definisi tentang iklan dan periklanan dapat kita temui di hampir semua kepustakaan iklan, periklanan dan pemasaran. Iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan lewat media dan dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta ditujukan kepada sebagaian atau seluruh masyarakat.

Dari definisi diatas, jelas terlihata adanya empat unsur yang menentukan atau membentuk iklan, yaitu :

  • Pemrakarsa
  • Pesan
  • Media
  • Masyarakat

Dengan demikian jelas, bahwa iklan merupakan pula suatu komunikasi. Ia melibatkan produsen sebagai Komunikator, fisik iklan itu sendiri sebagai unsure Pesan, media sebagai Saluran dan khalayak sebagai publik yang ditujunya.

Dengan demikian, model komunikasinya menjadi :

              Produsen > Iklan > Media > Khalayak > Sasaran

Para praktisi periklanan Indonesia juga menyatakan sepakat bahwa, periklanan adalah keseluruhan proses yang meliputi penyiapan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan penyampaian iklan.

Tujuan Advertising

Adapun beberapa tujuan utama dari kegiatan advertising atau periklanan
yang diantaranya sebagai berikut:

  • Yang pertama untuk menyadarkan para konsumen sekaligus memberikan informasi mengenai suatu produk atau jasa perusahaan.
  • Yang kedua untuk menimbulkan rasa suka pada diri konsumen terhadap produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
  • Yang ketiga untuk menyakinkan kebenaran tentang apa yang ditujukan dalam iklan sekaligus menggerakan konsumen untuk berusaha memiliki dan menggunakan produk atau jasa yang dijual perusahaan.

Fungsi Advertising

Adapun beberapa tujuan utama dari kegiatan advertising atau periklanan
yang diantaranya sebagai berikut:

1. Sumber Informasi

Dengan iklan, dapat membantu masyarakat unruk memilih altenatif produk yang lebih baik atau yang lebih sesuai dengan kebutuhannya. Artinya iklan dapat memberikan informasi yang lebih banyak daripada yang lainnya, baik tentang produknya, distribusi atau tempat pembeliannya atau informasi lain yang mempunyai kegunaan bagi masyarakat.

2. Kegiatan Ekonomi

Periklanan mendorong pertumbuhan perekonomian karena produsen didorong utnuk tetap memproduksi dan memperdagangkan produk untuk melengkapi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

3. Pembagi Beban Biaya

Periklanan membantu terciptanya skala ekonomi yang besar bagi setiap produk, sehingga menurunkan biaya produksi dan distribusi per unit atas produk tersebut, dan pada akhirnya memurahkan harga jualnya kepada masyarakat.

4. Sumber Dana Media

Periklanan merupakan salah satu sumber dana media yang menunjang media untuk tetap eksis. Munculnya banyak media membuat persaingan semakin ketat.

5. Identitas produsen

Melalui kegiatan periklanan, masyarakat akan mengetahui produsen. Ada perusahaan yang dalam iklannya memnonjolkan perusahaanya

6. Sarana Kontrol

Melalui kegiatan periklanan, masyarakat dapat membedakan produk-produk sah dengan tiruan.

Manfaat Advertising

Adapun beberapa manfaat dari kegiatan advertising atau periklanan
yang diantaranya sebagai berikut:

  • Mengingatkan konsumen dan prospek konsumen mengenai manfaat dari produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Membangun dan mempertahankan identitas perusahaan.
  • Meningkatkan reputasi perusahaan.
  • Mendorong konsumen untuk membeli lebih banyak.
  • Menarik konsumen baru untu mengganti konsumen yang hilang.
  • Membantu meningkatkan penjualan.
  • Mempromosikan dan memperkenalkan bisnis ke konsumen, investor dan pihak-pihak lainnya.

Dampak Advertising

Akan tetapi, selain berperan positif, berbagai pandangan negative tentang iklan bermunculan,
diantaranya adalah :

  • Iklan dianggap merusak tata bahasa yang berlaku
  • Iklan dianggap dapat mendorong orang menjadi matrealistis
  • Iklan dianggap dapat mendorong orang membeli barang yang tidak diinginkan
  • Iklan dianggap terlalu berlebihan
  • Iklan dianggap menciptakan suatu stereotip

Ciri – Ciri Advertising

Ada beberapa ciri yang digunakan dalam periklanan Advertising yaitu:

  • Mengkomunikasikan tema
    Periklanan mengkomunikasikan pesan penjualan tentang sutu produk dengan suatu tema teertentu pada khalayak.

  • Bersifat jangka panjang
    Periklanan memiliki dampak yang tidak langsung dan dilakukan dalam konteks upaya promosi.

  • Membangun citra
    Periklanan ditujukan untuk membentuk citra baik terhadap manfaat suatu produk yang ditawarkan.

  • Membedakan diri
    Setiap iklan pasti berusaha menunjukan identitas produk dan produsennya secara tegas, sehbingga terlihat perbedaan da keunggulannya dibandungkan dengan produk pesaing.

  • Memberi nilai
    Iklan memberi nilai “anggapan” terhadap produk atau jasa yang ditawarkan sehingga akan muncul persepsi teretentu dalam diri konsumen terhadap produk tersebut.

Komponen-komponen Perencanaan Advertising

Perencanaan periklanan harus sejalan dengan perencanaan marketing
(marketing Planning) :

  1. Tujuan Periklanan
  2. Strategi Periklanan
  3. Program
  4. Anggaran

Syarat Advertising Yang Baik

Memenuhi kriteria rumus yang disebut AIDCA. Rumus itu merupakan
singkatan dari dari elemen-elemen:

  1. Attention(perhatian)
  2. Interest(minat)
  3. Desire(kebutuhan)
  4. Conviction(keinginan)
  5. Action(tindakan)

Iklankan Bisnismu Perkenalkan Kepada Dunia !

  • Ingin mempromosikan produk Anda secara online tapi bingung mulai dari mana?
  • Omset stagnan bahkan mengalami penurunan. Stress, sebenarnya apa yang menjadi penyebabnya?
  • Toko sepi pengunjung. Pusing, kok bisa seperti ini terus?
  • Bingung bagaimana cara meningkatkan konversi promosi penjualan?
  • Tidak punya waktu luang membuat promosi online bisnis Anda? atau bahkan belum bisa membuatnya?
  • Wabah Covid-19 Bikin Omset Mu Sepi ???

Jika salah satu jawabannya “IYA“, Anda beruntung telah menemukan halaman ini.