Taking too long? Close loading screen.

Pengertian Customer Service dan Pentingnya untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Pengertian Customer Service dan Pentingnya untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Haii DKM’ers ..

Kali ini Kita akan membahas tentang Customer Service atau CS . dan Seberapa pentingnya Customer Service yang baik.

Tentunya sebuah bisnis dapat dinilai baik jika mengalami peningkatan dari awal hingga berdirinya bisnis tersebut ke titik Puncak kesuksesan. dan menjadi Bisnis yang matang.

Pada tahap awal, Pebisnis akan memikirkan bagaimana cara agar orang-orang mengenal produk atau jasa yang ditawarkan.

Melewati masa Promosi Produk, orang-orang akan mulai melirik produk atau jasa Anda, kemudian mencoba membeli. Anda dikatakan berhasil jika dapat mengubah calon customer menjadi customer tetap, dengan strategi marketing yang digunakan.

Lalu siapa yang berjasa dalam hal ini? Anda pasti berpikir bagian Marketing

Ya, memang benar! Peran Marketing dalam sebuah bisnis memiliki dampak yang luar biasa.

Tetapi, tahukah Anda peran apa lagi yang akan membantu Anda untuk mengembangkan bisnis ke depan?

Ya, benar, Customer Service (CS) atau Admin Service !

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa peran Customer Service penting dalam bisnis?

Terdengar sederhana? Kalau begitu, Anda perlu mengubah pandangan Anda tentang customer Service.

Karna itu mari kita muali,,

Apa itu Customer Service ?

Customer service (CS) atau Admin Service adalah sebuah layanan yang dihadirkan oleh perusahaan yang memiliki tugas sebagai sarana konsultasi, pemecahan masalah serta pusat informasi bagi setiap Client/Nasabah yang dimilikinya. Penyediaan layanan kepada Customer sebelum, selama, setelah, dan akhir.  “Tugas customer service yaitu memberikan pelayanan yang prima dalam membina hubungan dan menghandle dengan baik terhadap Nasabah.

Customer Service Biasanya sering dijumpai di kantor layanan publik, seperti Perusahaan Komunikasi, Perbankan, Jasa Transportasi dan Perusahaan Jasa lainnya.

Seberapa Penting Customer Service untuk Meningkatkan Bisnis Anda ?

Customer Service (CS) Sangatlah penting untuk Meningkatkan Profesionalitas dalam Perusaan Anda.

  • Sebagai Customer Relation Office

Sebagai seorang customer service, Anda juga harus dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan atau Client agar merasa puas, senang, dan semakin percaya kepada perusahaan. Anda harus menguasai bahasa persuasif agar pelanggan tetap bertahan.

  • Sebagai Komunikator

Sebagai seorang Komunuikator atau penghubung antara perusahaan dengan pelanggan atau pihak luar lainnya yang memiliki kepentingan dengan perusahaan. Anda juga berkewajiban memberi kemudahan kepada tamu atau klien, siap menerima keluhan, keberatan, serta bersedia menjadi tempat berkonsultasi.

  • Sebagai Deskman

Dalam menjalankan fungsi CS sebagai deskman, Anda harus bisa melayani berbagai jenis permohonan (aplikasi) yang diajukan tamu, mulai dari mengisi formulir hingga membantu kelengkapan data yang menjadi persyaratan.

  • Sebagai Salesman

Selain bagian pemasaran, seorang pegawai CS juga merupakan ujung tombak perusahaan yang turut menentukan kesukesan perusahaan. Anda harus bisa menjelaskan segala sesuatu tentang baran atau jasa yang ditawarkan agar calon pelanggan tertarik dan akhirnya membeli/menggunakannya.

Cara Kerja Customer Service

Agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada para pelanggan, setiap pegawai CS harus memahami dan menguasai cara kerja yang sesuai dengan standar perusahaan. Berikut ini adalah beberapa cara kerja yang wajib dikuasai pegawai CS :

  • Berpenampilan bersih dan rapi, menampilkan kesan yang memikat konsumen.
  • Bersikap percaya diri, akrab, dan ramah dalam melayani nasabah.
  • Mendengarkan kebutuhan atau keluhan pelanggan dengan sabar, saksama, dan sopan, kemudian menanggapi serta membantu menyelesaikannya dengan tenang dan tidak terburu-buru.
  • Memberikan jawaban atau penjelasan dengan bahasa yang baik, benar, dan mudah dipahami pelanggan.
  • Tidak menyela atau memotong pembicaraan pelanggan dan menghindari kalimat yang bersifat sindiran, teguran, atau menimbulkan perdebatan.
  • Meyakinkan pelanggan dengan argumen dan penjelasan yang logis dan memuaskan.
  • Jika permasalahan yang dikeluhkan pelanggan tidak dapat diatasi, pegawai CS bisa meminta bantuan kepada pegawai lain yang lebih menguasai dan bisa membantu pelanggan.
  • Apabila saat itu pelanggan belum dapat dilayani, pegawai CS sebaiknya meminta maaf dan pengertian pelanggan, jelaskan alasannya, dan beri tahukan kapan pelanggan akan dilayani.

10 Keahlian yang Harus Dimiliki Customer Service

Jika Anda adalah seorang pegawai Costomer Service (CS), Anda harus memiliki beberapa keahlian seperti diuraikan di bawah ini agar bisa menjalankan tugas dengan baik

1.    Sikap Sabar dan Penuh Perhatian

Pelanggan yang merasa kecewa sering kali datang dan menyampaikan keluhannya dengan penuh emosi. Pelanggan seperti ini harus dihadapi dengan tenang. Karena itulah, Anda sebagai pegawai CS harus memiliki kemampuan untuk mengendalikan emosi, sabar, dan penuh perhatian kepada pelanggan.dan Kesabaran tidak boleh digunakan sebagai alasan untuk memberikan service yang lamban.

2.    Kemampuan Berkomunikasi

Sebagai seorang pegawai CS, Anda harus siap menghadapi berbagai tipe pelanggan. Karena itu, Anda perlu memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Anda perlu berhati-hati dalam menerjemahkan beberapa kebiasaan komunikasi Anda ke customer. Pelanggan akan merasa dihargai atas keluhan yang disampaikan. Pastikan Anda untuk meng-handle masalah dengan cepat, customer tidak membutuhkan cerita yang bertele-tele.

3.    Pengetahuan tentang Produk/Jasa

Setiap pelanggan yang datang tentu mengharapkan penjelasan yang detail tentang apa pun yang ditanyakan. Karena itulah, pegawai CS wajib mengetahui dan menguasi semua informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan, kebijakan, dan prosedur yang berlaku di perusahaan.

4.    Keterampilan “Berakting ” atau Mengkontrol Diri

Apa pun masalah yang sedang dihadapi, seorang pegawai CS harus bisa mengesampingkan hal tersebut saat melayani pelanggan dengan menjaga emosi, tetap tampak ceria dan baik.

5.    Time Management

Anda dituntut untuk bisa melayani setiap pelanggan dengan baik dalam waktu tertentu sesuai jam kerja yang berlaku di perusahaan. Jadi, Anda harus bisa menyelesaikan masalah pelanggan dengan efektif dan efisien serta bisa mengendalikan agar pelanggan tidak terlalu banyak menyita waktu.

6.    Kemampuan “Membaca” Pelanggan

Kemampuan ini merupakan bagian penting dalam proses personalisasi dan memberikan pengalaman pribadi kepada pelanggan. Jadi, kenali betul-betul pelanggan Anda agar kesalahpahaman dapat dihindari.

7.    Keterampilan Persuasif

Keterampilan ini dibutuhkan agar Anda bisa meyakinkan calon pelanggan untuk menggunakan produk atau layanan jasa yang ditawarkan perusahaan.

8.    Kemampuan untuk menangani kejutan yang tidak terduga

Mungkin masalah yang Anda hadapi tidak secara khusus dibahas dalam pedoman perusahaan, atau mungkin customer akan bereaksi di luar pemikiran Anda. Apapun masalahnya, lebih baik membuat pedoman untuk diri sendiri agar dapat menangani situasi yang tidak terduga.

9.    Kemampuan untuk Closing

Ini tidak ada hubungannya dengan “closing penjualan” atau istilah terkait lainnya. Mampu close dengan customer berarti mampu mengakhiri percakapan dengan kepuasan yang telah dikonfirmasi dan customer merasa semua telah diurus (atau akan segera diurus). Dan pastikan hal berikut :

    • Bahwa Anda memastikan mengurusnya dengan benar.
    • Bahwa Anda bersedia untuk terus menjalankannya sampai Anda bisa melakukannya dengan benar.
    • Bahwa customer adalah orang yang menentukan apa yang disebut “benar”.

10. Bersedia untuk Belajar,Mendegar, dan Memhami

Jika anda sudah membaca semua isi Artikel ini sampai akhir, tandanya anda sudah memiliki keterampilan untuk Belajar,Mendengr,dan mencoba memahami.

Untuk itu , Ada cara lebih mudah untuk mencari Admin Service dalam bisnis anda, Segera Consultasikan bisnis anda dalam Jasa Admin Service kami..

Note  : Mereka yang tidak berusaha untuk meningkatkan apa yang mereka lakukan, apakah itu membangun produk, bisnis pemasaran, atau membantu customer, akan tertinggal oleh orang yang bersedia untuk berinvestasi dalam meningkatkan keterampilan mereka.

Baca Juga :

  1. Pengertian Logo, Fungsi Logo, Jenis & Aspek Logo
  2. Pengertian dan Keunggulan Digital Marketing
  3. Aturan sosial media yang harus di ketahui setiap pengusaha
  4. Digital Branding
  5. Manfaat Sosial Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *