Taking too long? Close loading screen.

Pengertian dan Perbandingan Email Marketing  Dan Email Marketing Automation

Pengertian dan Perbandingan Email Marketing  Dan Email Marketing Automation

Haii DKM’ers,,

Kali ini kami akan membahas tentang perbedaan email marketing dan email marketing automation. Sekilas, email marketing dan email automation terlihat sama, karena keduanya menggunakan email sebagai poros utama prosesnya. Perbedaan utama dari keduanya terletak pada jenis email dan pada keadaan apa email tersebut dikirim.

Untuk Anda yang ingin mulai menggunakan email sebagai strategi marketing, penting untuk mengetahui perbedaan email marketing dan email automation untuk bisnis Anda. Walaupun keduanya memiliki fungsi yang sama, namun cara kerjanya cukup berbeda. Untuk itu, ketahui perbedaan kedua email tersebut berikut ini.

Apa itu Email Marketing ?

E-mail Marketing adalah sebuah cara berjualan dengan mengirimkan email ke calon customer anda. yang pada dasarnya untuk mempromosikan sebuah bisnis . Email merupakan salah satu teknik utama digital marketing. Ya, bentuk pemasaran langsung, mirip dengan pemasaran melalui surat pos, tetapi email marketing jauh lebih efisien untuk dompet Anda dan untuk lingkungan karena tidak menggunakan kertas sama sekali.

Kenapa disebut marketing? Karna konten atau isi dari email yang dikirim adalah barang yang anda jual. Selain itu, email marketing juga berguna untuk memperkenalkan produk anda yang baru. Misal: Selama ini anda menjual Kaos, lalu karna fashion hijab mulai booming akhir-akhir ini anda akan menambahkan Gamis dan Hijab trendi. Kirim email marketing ini ke para customer lama dan calon customer baru dari database email yang anda punya.

Apa itu Email Automation?

Email Automation merupakan sebuah tools yang digunakan untuk melakukan otomatisasi proses pemasaran atau seperti BOT , mulai dari segmentasi pelanggan, manajemen campaign, dan masih banyak lagi. Dengan email automation, Anda dapat mengirimkan email berdasarkan skenario yang telah dibuat. Saat menggunakan email automation, sebaiknya, Anda mengatur siapa segmentasi pelanggan Anda, kemudian tentukan juga goals dari email tersebut. Untuk Anda yang ingin memulai pemasaran dengan menggunakan email automation, penting untuk memilih tools yang tepat. Sangat berbeda dengan email marketing biasa.

Perbandingan Definisi Email Marketing  Dan Email Marketing Automation

Dalam sebuah bisnis, marketing memegang peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan. Dengan marketing perusahaan bisa menghasilkan penjualan, mempertahankan eksistensi di pasar dan memenangkan persaingan dengan kompetitor. Namun dibalik peran pentingnya tersebut, marketing merupakan sebuah proses yang berulang. Mulai dari riset, sebar promosi hingga pelayanan penjualan yang berulang-ulang.

Kalau pelanggan atau pembeli Anda masih sedikit, Anda pakai cara manual untuk proses marketing ini tidak akan ada masalah yang berarti. Tetapi jika pelanggan Anda sudah ribuan dan proses marketing yang Anda lalukan sudah sangat kompleks. Akan timbul masalah bila Anda masih menggunakan cara konvensional untuk menghadapi hal ini. Anda perlu sesuatu yang bisa mengatasi proses berulang dalam jumlah banyak dengan waktu secepat mungkin. Dan untuk untuk itu inilah perbedaan email marketing automation.

Definisi Email Marketing

Email marketing sendiri prosesnya ada banyak sekali, mulai dari membuat list hingga mengintegrasikannya dengan channel pemasaran lainnya. Dan yang paling umum digunakan dalam email marketing adalah broadcast email, autoresponder dan segmentasi. Dalam praktekknya broadcast email dan autoresponder ini juga ada proses berulang-ulang yang kalau kita lakukan ada dampak positifnya tetapi di sisi lain juga akan menghabiskan waktu Anda.

Contohnya Anda mengirimkan broadcast, lalu membuat segmentasi terhadap siapa saja yang membuka dan yang tidak membuka email Anda. Kemudian bagi yang tidak membuka broadcast email yang Anda kirim dalam waktu tertentu Anda akan mengirimkan email lanjutan. Kalau hal-hal seperti ini Anda lakukan untuk 1000 kontak yang ada di list email Anda tidak akan selesai dalam waktu sehari. Anda butuh sesuatu yang bisa mengotomasisasi semuanya. Sehingga Anda tidak perlu memantaunya di depan layar monitor terus menerus sehingga waktu Anda bisa digunakan untuk yang lainnya. Inilah konsep email marketing automation yang akan memudahkan Anda.

Definisi Marketing Automation

Marketing Automation adalah penggunaan perangkat lunak (software) untuk mengotomatikan proses pemasaran seperti segmentasi pelanggan, integrasi data pelanggan, dan manajemen kampanye. Marketing automation membuat proses yang seharusnya dilakukan secara manual jauh lebih efisien, dan membuat proses baru menjadi mungkin. Marketing automation merupakan komponen integral dari manajemen hubungan pelanggan (CRM).

Dari definisi di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian marketing automation itu antara lain :

  1. Marketing automation adalah sebuah aktivitas menggunakan perangkat lunak
  2. Perangkat lunak yang dipakai di sini ada banyak macam seperti CRM, Bot, email marketing dan lain sebagainya
  3. Proses pemasaran yang diotomatisasi antara lain segmentasi pelanggan, integrasi data pelanggan, dan manajemen kampanye
  4. Tujuan dari marketing automation adalah untuk efisiensi waktu dan sumber daya bisnis.

PERBANDINGAN

Dari definisi dan pengertian di atas bisa kita simpulkan bahwa perbedaan antara Email Marketing dan Email Marketing Automation adalah pada cakupannya.

  • Email Marketing mencakup Pelayanan email secara manual seperti dengan mengirim secara broadcast, dan perlu menggu balasan. Sedangkan,
  • Email Marketing Automation adalah Pelayanan email yang dapat dilakukan sekali saja dengan skenario yang sudah di buat, tanpa membuang waktu terlalu lama. Dan tentunya ini disarankan untuk anda yang apabila sudah memiliki subscriber ribuan agar lebih efektif.

Demikian artikel tentang Pengertian Marketing Automation dan Email Marketing Automation. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan kunjungi situs kami dan mulailah konsultasikan bisnis Anda terlebih dahulu..

Baca Juga :

  1. Pengertian, Kelebihan, dan Strategi Email Marketing
  2. Kesalahan-Kesalahan yang perlu diperhatikan dan Tips membuat Email Marketing yang tepat !
  3. Pengertian, Keuntungan, dan Tips menggunakan fitur Email Bisnis Automation !
  4. Pengertian Customer Service dan Pentingnya untuk menigkatkan bisnis Anda
  5. Pengertian dan Keunggulan Digital Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *