Taking too long? Close loading screen.

EMAIL MARKETING: Pengertian, Kelebihan, dan Strategi

EMAIL MARKETING: Pengertian, Kelebihan, dan Strategi

Haii DKM’ers,,

Kali ini Kita akan membahas tentang Email Marketing, Ap aitu email marketing? Kegunaan dan kelebihanya dalam bisnis marketing apa sih ? dan Strategi yang tepat bagaimana? Nah, oleh karna itu kita akan bahas satu persatu dimulai dari :

Apa itu Email Marketing ?

E-mail Marketing adalah sebuah cara berjualan dengan mengirimkan email ke calon customer anda. yang pada dasarnya untuk mempromosikan sebuah bisnis . Email merupakan salah satu teknik utama digital marketing. Ya, bentuk pemasaran langsung, mirip dengan pemasaran melalui surat pos, tetapi email marketing jauh lebih efisien untuk dompet Anda dan untuk lingkungan karena tidak menggunakan kertas sama sekali.

Kenapa disebut marketing? Karena konten atau isi dari email yang dikirim adalah barang yang anda jual. Selain itu, email marketing juga berguna untuk memperkenalkan produk anda yang baru. Misal: Selama ini anda menjual Kaos, lalu karena fashion hijab mulai booming akhir-akhir ini anda akan menambahkan Gamis dan Hijab trendi. Kirim email marketing ini ke para customer lama dan calon customer baru dari database email yang anda punya.

Beberapa orang berpikir bahwa email marketing sudah ketinggalan jaman, namun kenyatannya bahwa email marketing malah menjadi semakin penting.  Email Marketing telah digunakan sejak lama setelah kelahiran Internet. Semenjak itu, email telah berkembang pesat dan masih merupakan alat pemasaran yang sangat berguna.

Bahkan, banyak pemilik bisnis berpendapat bahwa email marketing menjadi lebih penting saat sekarang ini dibanding sebelumnya. Ada alasan bagus bahwa sebagian besar pengecer menganggap email marketing sebagai salah satu taktik akuisisi pelanggan yang paling efektif!

1. Apa Fungsi dari Email Marketing?

Email Marketing dapat digunakan untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan dari waktu ke waktu untuk mengubahnya menjadi pelanggan tetap. Selain itu Email Marketing juga merupakan cara yang efektif untuk memberikan informasi kepada pelanggan tentang produk baru ataupun promosi yang Anda jalankan.

Orang ingin tetap mendapat informasi tentang merek Anda, dan email marketing adalah salah satu cara terbaik untuk tetap terlibat dengan pemirsa tersebut. Faktanya, 28% pembeli online di Amerika Serikat melaporkan bahwa mereka berlangganan email toko ataupun produk agar tetap mendapat informasi tentang merek yang mereka sukai.

2. Software Apa Yang Digunakan Email Marketing?

Ada banyak software (perangkat lunak) dan alat otomatisasi di luar sana yang membuat proses email marketing menjadi mudah. Misalnya, MailChimp dan Constant Contact dapat digunakan untuk mengirim email dan memantau bagaimana pelanggan Anda berinteraksi dengan email Anda. Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak email marketing untuk melacak analitik seperti rasio klik-tayang, rata-rata buka, rasio pentalan, dan konversi.

3. Kenapa Email Marketing Penting?

Email marketing, dibandingkan dengan metode marketing lain, memang sedikit lebih tradisional. Jenis pemasaran ini berbeda dengan social media marketing yang bisa membuat orang langsung mengomentari produk yang diberikan.

Namun, dari segi membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, teknik ini bisa dikatakan lebih tepat. Lewat teknik ini, kamu bisa merebut hati pelanggan dan membuat mereka jadi lebih setia. Email marketing jadi penting karena memiliki potensi akuisisi konsumen baru yang jauh lebih besar dibandingkan yang lain.

Apa Keuntungan dari Email Marketing dibanding metode Pemasaran lainnya?

  • Target Penguna Internet

94% pengguna Internet menggunakan email. Oleh karena itu, pemasaran melalui email memungkinkan Anda untuk menjangkau banyak pengguna Internet bahkan jika mereka tidak berada di media sosial. Apalagi target anda adalah orang-orang dewasa yang cenderung lebih suka membuka email ketimbang media sosial.

  • Sangat mudah untuk melacak Return On Investment(ROI)

 Semuanya dapat dilacak dengan menggunakan software email marketing sehingga Anda dapat mengetahui siapa saja yang sudah membuka email Anda, siapa yang mengklik ke website Anda melalui email Anda, dan banyak lagi.

  • Tanpa biaya atau Free ( Gratis )

Traffic Return On Investment (ROI) biasanya sangat tinggi karena itu anda tidak perlu menyisihkan biaya iklan. di belakang email untuk membawanya ke pemirsa yang tepat seperti yang Anda lakukan pada sebagian besar bentuk iklan lainnya.

  • Lebih Simple

Email Marketing bekerja dengan cara yang hampir sama dengan SMS Marketing, karna Anda dapat menjangkau pengguna desktop dan sebagian besar pengguna smartphone menganggap bahwa email tidak terlalu merepotkan daripada pesan teks (SMS) dari perusahaan.

  • Lebih Eksklusif

Email marketing sering digunakan untuk pemasaran iklan media sosial, bahkan iklan TV dan radio, email marketing memiliki serangkaian keunggulan uniknya tersendiri.

  • Sesuai Target

Karna siapa pun yang ada di daftar kontak email Anda, mereka telah dengan sengaja memberi Anda alamat email mereka karena mereka menginginkan lebih banyak informasi tentang bisnis Anda. Tandanya karena mereka secara khusus ingin ikut serta dalam kampanye email marketing Anda.

5 Strategi Penting dalam menjalankan Email Marketing

Sebuah penelitian menyebut bahwa ada 3,8 miliar orang yang menggunakan email saat ini. Ada juga penelitian lain yang menyebut email marketing 40 kali lebih efektif dari Twitter dan Facebook. Namun, untuk memanfaatkan email marketing ini, tentu perlu beberapa strategi khusus. Email berbeda dengan platform social media, sehingga ia membutuhkan pendekatan yang berbeda, Berikut strategi-nya :

  1. Kenali Kebiasaan Calon Pelanggan 

Strategi pertamanya adalah mengenal kebiasaan calon pelanggan. Cari tahu persona calon pelangganmu dan pahami selera mereka. Jika ini sudah, Buat konten email yang cocok untuk pelanggan .

  1. Tetapkan Target Penjualan Lewat Email

Pertama riset dulu dalam industrimu berapa rata-rata penjualan yang berhasil dilakukan dari email. Gunakan rata-rata tersebut sebagai patokan untuk menetapkan target penjualanmu. Kemudian, kamu juga memerlukan data penggunaan email yang akurat agar bisa menetapkan target yang realistis.

  1. Kelompokkan User 

Kalau kamu sudah tau persona pelanggan dan target penjualan, saatnya untuk mengelompokkan user atau pelanggan ke dalam daftar tertentu. Kamu bisa mengelompokkan berdasarkan minat, usia, lokasi tempat tinggal, dan lain-lain. Mereka akan menerima email khusus mengenai produk terbaru, tentunya yang sudah disesuaikan dengan profil kelompok tersebut.

  1. Tentukan Jenis Campaign-mu

Sebelum mulai mengirimkan email, tentukan dulu jenis campaign yang ingin dijalankan. Kampanye ini berkaitan dengan profil pelanggan dari daftar email yang sudah kamu kelompokan. Pastikan campaign-mu sudah sesuai dengan profil pelanggan yang kamu sasar.

Jangan lupa, tentukan juga jadwal mengirim email yang tepat bagi pelanggan. Beri tahu pelangganmu dari awal email apa saja yang akan dikirimkan dan seberapa sering mereka akan menerimanya. Ini bertujuan untuk membangun kepercayaan dan supaya mereka selalu ingat akan brand-mu.

  1. Evaluasi dan Ukur Hasilnya

Ukur hasil dari email marketing yang sudah dijalankan. Setelah menerapkan berbagai strategi yang sudah dicontoh-kan di atas, ukuran keberhasilan harus segera ditetapkan. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengukur keberhasilan email marketing. Hal itu bisa dilakukan dengan menetapkan KPI yang jelas atau menggunakan metode A/B testing.

 

Nah, seperti itu untuk pembahasan kita mengenai email marketing, kelihatannya mudah bukan, namum akan sangat fatal jika kita menggunakan penyampaian atau copywritting yang salah. Oleh karna itu  Konsultasikan bisnis Anda dan pelajari lebih lanjut..

Baca Juga :

  1. Pengertian Customer Service dan Pentingnya untuk menigkatkan bisnis Anda
  2. Pengertian dan Keunggulan Digital Marketing
  3. Digital Branding
  4. Cara registrasi email pop3/imap di Hp
  5. Pengertian Logo, Fungsi Logo, Jenis & Aspek Logo

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *