Taking too long? Close loading screen.

Pengertian, Keuntungan, dan Tips menggunakan fitur Email Bisnis Automation !

Pengertian, Keuntungan, Kesalahan-Kesalahan menggunakan fitur  Email Bisnis Automation !

HAii DKM’ers..

Kali ini kami akan membahas tentang pengertian apa itu email bisnis automation ? Bagaimana cara kerja dan kesalahan-kesalahan apa yang perlu diperhatikan dalam melakukan email bisnis automation.. untuk itu mari kita bahas.

APA ITU EMAIL BISNIS AUTOMATION ?

Email Automation merupakan sebuah tools yang digunakan untuk melakukan otomatisasi proses pemasaran atau seperti BOT , mulai dari segmentasi pelanggan, manajemen campaign, dan masih banyak lagi. Dengan email automation, Anda dapat mengirimkan email berdasarkan skenario yang telah dibuat. Saat menggunakan email automation, sebaiknya Anda mengatur siapa segmentasi pelanggan Anda, kemudian tentukan juga goals dari email tersebut. Untuk Anda yang ingin memulai pemasaran dengan menggunakan email automation, penting untuk memilih tools yang tepat.

Sangat berbeda bukan dengan email marketing biasa, Jika customer anda masi sedikit disarankan mengunakan email manual saja. Dikarnakan email bisnis automation mengunakan perangkat berupa perangkat lunak (software) untuk mengotomatis-kan proses pemasaran . Penggunaan marketing automation membuat proses yang seharusnya dilakukan secara manual jauh lebih efisien. Marketing automation merupakan komponen integral dari manajemen hubungan pelanggan (CRM) dan BOT.

Seperti cerita bila pelanggan Anda sudah ribuan dan proses marketing yang Anda lalukan sudah sangat kompleks. Akan timbul masalah bila Anda masih menggunakan cara konvensional untuk menghadapi hal ini. Anda perlu sesuatu yang bisa mengatasi proses berulang dalam jumlah banyak dengan waktu secepat mungkin. Dan untuk inilah konsep marketing automation ada.

5 Keuntungan  Menggunakan Email Automation :

Anda sudah melihat gambaran dan pengertian  dari fitur email automation bukan, Nah, kini akan saya informasikan 5 Keuntungan yang akan Anda dapatkan apabila menggunakan email automation

1. Memberikan konversi yang lebih besar

Melalui fitur email automation ini Anda bisa mem-followup orang-orang yang ada di list Anda dengan mudah. Sehingga dengan kemudahan mem-follow up ini bisa memberikan konversi yang lebih besar terhadap bisnis Anda. Follow up yang bisa Anda lakukan dengan email automation ini ada 3, diantaranya :

    • mem-follow up orang-orang yang sudah klik melakukan checkout namun setelah melewati batas transfer tidak juga melakukan pembayaran.
    • mem-follow up orang-orang yang belum melakukan pembayaran mendekati batas waktu/ jatuh tempo.
    • memberikan notifikasi order seperti invoice, informasi pengiriman dan lain sebagainya.

2. Memelihara list email

Anda mungkin sudah pernah melakukan broadcast email ke semua kontak atau ke semua list email Anda. Kalau sekali dua kali tidak ada masalah, namun jika berkali-kali Anda mengirimkan broadcast email ke semua list email akan timbul masalah. Masalah yang timbul adalah makin lama open rate Anda semakin turun dan jumlah orang yang unsubscribe semakin banyak.

Mengapa bisa terjadi demikian? Karena pada dasarnya email yang Anda kirim melalui broadcast tidak akan 100% cocok terhadap list email Anda. Maka dari itu Anda butuh melakukan segementasi. Anda butuh melakukan pemisahan terhadap siapa saja yang membuka email Anda dan siapa saja yang tidak membukanya. Dan ini bisa sangat mudah dilakukan dengan fitur automation. Sehingga dengan fitur automation Anda bisa memelihara dengan baik list email Anda.

3. Segmentasi List

Sebagaimana di point no 2, email automation bisa digunakan untuk melakukan segmentasi dengan sangat mudah. Dengan segmentasi yang baik, maka Anda akan bisa menghasilkan penjualan yang benar-benar tertarget. Untuk hal ini saya sudah pernah menuliskan bagaimana cara kerja segementasi ini.

4. Sistem Automation Bot

Melalui fitur ini sudah pasti yang dimaksud dari automation bot adalah dikerjakan dengan otomatis, dengan jadwal dan isi skenario yang sudah anda buat. Tentu saja dalam hal ini sangat memudahkan anda apabila ada sudah meliki ribuan subscriber. Jadi ada hanya perlu mengecek nya saja hasil dari feedback email yang sudah anda kirim.

5. Menghemat waktu Anda

Sebenarnya kalau kita perhatikan lagi fitur automation ini fungsinya hampir mirip dengan fungsi broadcast email, segementasi dan autoresponder. Kalau Anda menggunakan 3 fitur tersebut akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun dengan fitur email automation bisa menghemat waktu Anda dalam melakukan fungsi broadcast, segementasi dan autoresponder.

Baca : Pengertian, Kelebihan, dan Strategi Email Marketing

Tips hindari beberapa Kesalahan yang terjadi ketika memilih email bisnis Automation :

Pada Email Automation, Anda harus fokus untuk menciptakan strategi dan berbagai macam tindakan untuk mengambil keputusan. Sisanya biarkan engine yang bekerja. Sayangnya, saat ini masih sering terjadi kesalahan ketika seorang pebisnis tidak memanfaatkan Email Automation secara maksimal. Agar keuntungan tadi yang kami sebutkan bisa Anda rasakan.

Berikut beberapa kesalahan yang harus anda hindari dan perhatikan :

  • Pemilihan software yang tidak tepa

Setiap bisnis, pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda ketika akan melakukan email campaign. Kebutuhan ini juga yang harus Anda pertimbangkan, software automation apa yang sekiranya cocok untuk bisnis Anda. Misalnya, software automation yang cocok digunakan oleh seorang blogger belum tentu cocok untuk bisnis e-commerce. Untuk menghindari kesalahan memilih software ini, Anda bisa melakukan pemilihan software dengan teliti dan sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda.

  • Mengirimkan konten yang tidak relevan

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh seorang pebisnis adalah frekuensi pengiriman email yang konsisten tanpa dibarengi konten yang relevan. Kesalahan dalam mengirimkan konten ini juga akan berdampak pada respon audiens terhadap email campaign Anda, karena tak jarang audiens akan menandai email sebagai spam. Untuk menghindari masalah ini, cobalah untuk menyeimbangkan antara frekuensi pengiriman email dan berikan konten yang sesuai dengan segmentasi audiens.

  • Daftar email Anda tidak tersegmentasi

Para pelaku bisnis seringkali tidak peduli akan hal ini dan terus menggunakan formula “one size fits all” dalam mengirimkan email tanpa adanya segmentasi. Padahal, seiring berjalannya waktu Anda akan kehilangan banyak subscriber dan performa kinerja email akan dinilai buruk. Untuk menghindari masalah ini, Anda bisa melakukan segmentasi terlebih dahulu pada kontak email, dengan begitu Anda bisa melakukan campaign yang sesuai dengan segmentasi pelanggan.

  • Tidak melakukan pemeriksaan pada automated reports

Hal yang seringkali terlupakan oleh seorang pebisnis ketika selesai mengirimkan Email Automation adalah tidak memeriksa automated reports terhadap email tersebut sehingga menghilangkan kesempatan untuk melakukan evaluasi terhadap campaign yang dijalankan. Penting untuk melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap laporan Email Automation agar Anda dapat melihat apakah campaign tersebut tepat atau kurang, sehingga Anda bisa melakukan evaluasi terhadap campaign yang akan dijalankan selanjutnya.

  • Tidak mengatur SPF dan DKIM

Sender Policy Framework (SPF) dan Domain Keys Identified Mail (DKIM) dibutuhkan agar alamat email dikenali oleh server penerima. Sayangnya masih banyak yang mengabaikan dua pengaturan otentikasi utama ini. Anda harus memastikan terlebih dahulu pengaturan SPF dan DKIM agar email yang dikirim tidak dianggap sebagai spam oleh server penerima.

 

Dari artikel ini tentunya kamu sudah paham dengan apa itu email bisnis automation dan begitu banyak juga bukan keuntungan yang akan anda dapatkan, selain hanya anda tinggal menunggu feedback dari fitur ini tentu ini akan sangat menghemat waktu anda bukan?. Namun, jika anda masih kurang paham anda bisa konsultasikan lebih lanjut kepada kami..

Baca Juga :

  1. Pengertian, Kelebihan, dan Strategi Email Marketing
  2. Kesalahan-Kesalahan yang perlu diperhatikan dan Tips membuat Email Marketing yang tepat !
  3. Pengertian Customer Service dan Pentingnya untuk menigkatkan bisnis Anda
  4. Pengertian dan Keunggulan Digital Marketing
  5. Pengertian Logo, Fungsi Logo, Jenis & Aspek Logo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *