Taking too long? Close loading screen.

Pengertian Logo, Fungsi, Jenis & Aspek Logo

Pengertian Logo, Fungsi, Jenis & Aspek Logo

HAii DKM’ers,,

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang Logo. Penjelasan yang meliputi pengertian logo, fungsi logo, jenis logo, aspek logo yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami.

Mari Kita Bahas pengertian Logo terlebih dahulu :

Logo Adalah suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili arti dari suatu perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. Logo atau corporate identity atau brand identity adalah sebuah tanda yang secara langsung tidak menjual, tetapi memberi suatu identitas yang pada akhirnya sebagai alat pemasaran yang signifikan, bahwa logo mampu membantu membedakan suatu produk atau jasa dari kompetitornya.

Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut. Sebuah logo dapat memakai elemen apa saja, seperti tulisan, logogram, gambar, ilustrasi dan lain-lain. Sebuah logo adalah simbol atau elemen gambar pada identitas visual.

Jenis-Jenis Logo :

Banyak jenis logo yang beredar di masyarakat. Tapi dasarnya logo terbagi atas

  • Logotype : Adalah logo yang memakai wordmark (Kata/nama dengan unsur tipografi)
  • Logogram : Adalah logo yang memakai ikon (ilustratif atau inisial)
  • Logo Kombinasi : Adalah jenis logo yang menggabungkan antara kedua jenis

Atau pada umum-nya logo memiliki beberapa jenis, diantaranya:

  • Logo Monogram (Lettermark)

Logo monogram biasanya digunakan oleh beberapa merek atau perusahaan. Logo ini mempresentasikan kepanjangan nama brand atau perusahaan yang bersangkutan. Dapat dikatakan bahwa monogram atau lettermark merupakan inisial dari merek suatu produk atau perusahaan. Sebagai contoh: NASA

  • Logotype (Word Mark)

Hampir sama dengan jenis lettermark, logo jenis word mark mengandalkan huruf sebagai merek atau brand. Sebagai contoh: Cola-Cola, Disney, dan sebagainya dengan font yang berbeda-beda. Logo jenis work mark banyak digunakan untuk lembaga atau produk yang memiliki nama singkat satu hingga dua kata saja.

  • Pictorial Mark atau Simbol

Pictorial mark atau sering dikenal dengan logo simbol merupakan jenis logo berbentuk ikon berbasis grafis dari suatu brand. Sebagai contoh: Nike dan Apple yang mewakili identitas produk yang mudah langsung dikenali masyarakat.

  • Logo Abstrak

Logo jenis abstrak sedikit berbeda dengan jenis logo sebelumnya yang mudah diidentifikasi-kan atau dikenali secara langsung. Model logo abstrak ini rata-rata berbentuk geometris abstrak yang mencerminkan brand produk suatu perusahaan. Contohnya, Adidas, Pepsi, dan logo lain yang memiliki nilai abstrak-nya masing-masing. Logo jenis ini justru memungkinkan seseorang untuk berpikir lebih kreatif dalam menciptakan ciri khas merek bisnisnya.

  • Logo Lambang

Logo lambang dapat berupa simbol, ikon, maupun gambar yang mencerminkan inti dari lembaga atau instansi tertentu. Logo jenis ini biasanya digunakan untuk logo organisasi, sekolah, hingga lembaga pemerintahan.

  • Logo Maskot

Selanjutnya, logo maskot yang memiliki unsur lebih kompleks dengan warna yang ceria. Karakter yang digambarkan dalam logo ini berfungsi sebagai media komunikasi yang lebih nyata kepada masyarakat. contoh: Mr Peanut Planter, Kolonel KFC, Kool-Aid Man, dan lain-nya.

Aspek-aspek Dari Logo yang perlu di perhatikan :

  1. Original dan distinctive: Bisa disebut mempunyai ciri khas, unik, mempunyai daya pembeda yang jelas dengan logo lain.
  2. Legible: Mempunyai tingkat keterbacaan yang tinggi ketika di-aplikasi ke dalam berbagai ukuran dan media promosi.
  3. Simple atau sederhana: Dapat mudah dimengerti dan ditangkap dalam waktu yang relatif singkat
  4. Memorable: Dapat mudah di ingat karena keunikan-nya dalam waktu relatif lama
  5. Easy associated with the company: Logo yang baik adalah mudah untuk dihubungkan atau diasosiasikan dengan jenis usaha dan citra suatu perusahaan atau organisasi
  6. Easily adabtable for all graphic media: Faktor kemudahan mengaplikasikan logo baik yang berbentuk fisik, warna maupun konfigurasi logo pada berbagai media grafis perlu diperhitungkan pada saat proses perancangan. Agar terhindar dari kesulitan dalam penerapan-nya.

Serta Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat logo antara lain

  1. Tipografi: Banyak logo yang sukses hanya dengan menggunakan tipografi. Baik itu serif/sans serif atau jenis font lain. Menggunakan tipografi dapat memberikan semacam “emosi” kepada mereka yang melihatnya.
  2. Warna: Warna merupakan salah satu hal sangat krusial dalam membuat logo, karena apabila warna yang kita gunakan salah, bisa jadi pesan dan emosi yang kita ingin sampaikan kepada masyarakat menjadi salah. Warna logo sebaiknya sederhana dan mudah diingat, tetapi tetap bisa memberikan ekspresi langsung kepada masyarakat atau konsumen.
  3. Bentuk: Banyak logo yang bentuknya unik. Tetapi perhatikanlah bentuk logo yang ingin kita desain, karena setiap bentuk, mempunyai arti sendiri; bisa pasif, bisa aktif.
  4. Keseimbangan:Maksudnya adalah mencari atau menemukan seberapa baik logo yang dibuat. Dapat mencoba memutar atau membolak-balik logo tersebut untuk mendapatkan kemungkinan lain yang dapat membuat logo lebih berkembang.
  5. Selera: Hal ini juga dapat menentukan dalam pembuatan logo mengingat selera setiap orang berbeda-beda dan sangat subjektif.
  6. Riset: Riset adalah aspek paling penting dalam membuat sebuah logo. Ini adalah kunci dalam membuat logo yang baik. Riset disini tentu bukan riset hanya dalam waktu 1-2 jam, tapi riset secara penuh. Kita harus mengerti perspektif dari pemesan logo (Client).
  7. Opini: Tidak ada yang salah untuk menanyakan pandangan, kritik, dan masukan dari orang lain dalam membuat logo.

Fungsi  dalam membuat Logo :

  1. Sebagai sarana identifikasi (branding)

Fungsi logo adalah sebagai identitas baik bagi produk, jasa, atau identitas seseorang / perusahaan. Dengan fungsinya sebagai identitas, sehingga menuntut logo untuk mampu menjiwai dan mencerminkan karakter yang diwakilinya. bertujuan agar mudah dikenali, mudah diingat, dan mudah untuk dibedakan dengan identitas yang lain.

  1. Sebagai sarana informasi, pengendali, pengawas, dan pengontrol

Sudah jelas ya bahwa logo mengandung sebuah informasi yang ingin disampaikan pemilik logo kepada publik. Informasi tersebut digunakan sebagai alat pengendali.

  1. Sebagai sarana motivasi

Logo adalah bagian dari desain komunikasi visual yang berguna sebagai sarana motivasi. Motivasi yang disampaikan oleh logo kepada publik tentu saja sesuai dengan tujuan dari brand tersebut.

  1. Sebagai sarana pengutaraan  emosi

Siapa sangka fungsi logo juga sebagai penyampai emosi. Seperti logo yang menggambarkan bagaimana kasih sayang seorang ibu kepada anaknya yang biasanya terdapat pada logo produk bayi. Melalui logo tersebut, publik akan mengetahui bagaimana seorang ibu menyayangi anaknya.

  1. Sebagai sarana Promosi dan Presentasi

Inilah fungsi penting bagi logo yaitu sebagai media promosi dan presentasi. Hal ini dilakukan dengan penyampaian informasi atau pesan untuk menarik perhatian publik secara visual sehingga mudah diingat. Gambar dan kalimatnya bersifat persuasif dan menarik. Melalui logo, brand akan menarik perhatian publik dan menyampaikan informasi atau pesan. Tujuan utamanya adalah untuk menjual produk dan jasa.

Seperti itulah pentingnya logo bagi perusahaan. Dalam pembuatan-nya pun tidak boleh sembarangan, karena logo akan digunakan selamanya bagi perusahaan tersebut dan akan mempengaruhi perkembangan-nya. Dan apabila sudah membuat Logo pastikan logo anda tidak ada kemiripan, lalu lindungi logo anda dengan hak cipta dan hak merek.

Terdengar rumit bukan, oleh karna itu sebaiknya gunakan tenaga ahli, agency, atau konsultan untuk membuat desain logo Anda. Seperti DK Marketing bukan hanya melayani untuk iklan saja namun juga untuk Pembuatan Logo dan Branding . Sehingga Anda akan memperoleh hasil yang memuaskan.  Consultasi dan pelajari lebih lanjut untuk Logo anda..

Baca Juga :

  1. Pengertian Customer Service dan Pentingnya untuk menigkatkan bisnis Anda
  2. Pengertian dan Keunggulan Digital Marketing
  3. Digital Branding
  4. Cara registrasi email pop3/imap
  5. Aturan sosial media yang harus di ketahui setiap pengusaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *