Taking too long? Close loading screen.

Cara Membuat Video Marketing Lengkap Beserta Langkah dan Hal Yang Perlu di Ketahui !

Cara Membuat Video Marketing Lengkap Beserta Langkah dan Hal Yang Perlu di Ketahui !

Hai DKM’ers,,

Jika ingin sukses dalam bisnis, jangan hanya fokus berjualan. Mau itu bisnis online atau bisnis offline, Anda tidak akan bisa memenangkan persaingan bisnis jika tidak melakukan upaya marketing. Ada banyak jenis strategi marketing yang bisa diterapkan. Salah satunya adalah dengan video marketing. Oleh Karena itu Kami akan memberikan langkah-langkah beserta cara membuat Video marketing.  Secara singkat, video marketing adalah konten pemasaran berbentuk video atau gambar bergerak. Tapi untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi artikel kami yang sebelumnya untuk perkenalan. apa itu Video Marketing>>

Video marketing adalah Sebuah strategi pemasaran yang dihadirkan dalam bentuk video>>Selengkapnya<<

Hal-hal yang Perlu diketahui seputar video marketing

Video seringkali dianggap sebagai medium dari sebagai sebuah industri, dan ini tidak salah. Namun lebih dari itu, video sebenarnya adalah wadah/ penampung konten, sebuah metode yang strategis untuk menyampaikan pesan dengan marketing layers yang banyak. Untuk mempermudah pengertian, Berikut empat lapisan di balik definisi video marketing :

  1. Strategi

Strategi pemasaran yang kuat harus menjadi akar setiap marketing campaign. Tapi sebelum masuk ke tahap selanjutnya, pertanyaan yang pertama harus Anda tanyakan adalah: “Siapa target market video ini?” dan “Aksi apa yang diharapkan akan mereka lakukan setelah menonton video ini?”. Setelah kedua pertanyaan tersebut terjawab, pikirkan sejumlah strategi turunan yang bisa memperkuat, yakni strategi distribusi, kreatif, dan produksi.

  1. Produksi

Produksi tidak akan bisa berjalan jika belum ada strategi pemasaran yang jelas karena pada pelaksanaannya, elemen-elemen dari produksi harus memikirkan bagian kreatif pula, begitu juga dengan di channel mana video akan didistribusikan.

Secara sederhana, ada tiga fase dalam sebuah produksi, yakni:

  • Pre produksi : di tahap inilah ide-ide kreatif dibangun, biasanya dalam bentuk naskah atau storyboard. Koordinator juga akan mengerjakan detail-detail penting lainnya, seperti lokasi syuting, siapa talent-nya , hingga kostum yang akan dikenakan.
  • Produksi : Proses syuting, termasuk proses pengambilan gambar untuk footage yang nantinya akan memperkaya hasil video. Ada banyak elemen produksi di balik layar yang harus dikerjakan pada tahap ini, seperti pencahayaan dan framing.
  • Post-produksi : Tahap final dari proses produksi adalah pada saat video sudah siap ditayangkan. Di sinilah terjadi penambahan grafis. voice-over, hingga penambahan special effect. Tim produksi akan menanyakan sejumlah feedback pada pihak-pihak terkait sebelum menayangkan video/produk final tersebut.
  1. Distribusi

Hasil produksi akan sia-sia jika tidak ada distribusi yang baik. Strategi distribusi yang kuat akan membuat video menjadi dikenal dan mendatangkan keuntungan. Di mana saja video akan didistribusikan bisa mengukur kesuksesan konten sebuah video marketing. Maka pastikan untuk mengambil keputusan dengan sangat hati-hati dalam hal pendistribusian ini.

  1. Optimalisasi

Strategi yang baik juga tidak akan berhasil tanpa perencanaan optimalisasi dan percobaan/testing. Bersiaplah jika ada hal-hal di luar rencana yang terjadi. Sulit memprediksi platform media sosial yang paling ampuh untuk mendongkrak video Anda. Bisa jadi pada saat distribusi berjalan, masalahnya bukan pada platform yang dipakai namun pada target marketnya. Bayangkan jika target marketnya adalah remaja perempuan, tapi pada saat tayang, ternyata video malah menarik market ibu-ibu muda di usia akhir ’20-an. Poinnya adalah, ada baiknya untuk selalu menyediakan ruang untuk percobaan dan improvisasi selama campaign berjalan.

Bagaimana Cara membuat Video Marketing  ?

Setelah mengetahui apa itu Hal-Hal dalam Video Marketing, selanjutnya tentu mudah bagi Anda untuk menjabarkan apa itu video marketing. Sekarang kami akan memeberikan tahapan dan Langkah dalam membuat Video Marketing, Untuk membuat video marketing yang bagus dan efektif, Berikut Tahapan awal yang perlu dilakukan :

Hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum membuat Video Marketing:

  • Melakukan riset

Riset adalah tahapan paling awal dan sangat penting sebelum memulai aksi apapun, termasuk dalam marketing. Jangan pernah mengeksekusi strategi tanpa riset terlebih dahulu. Tapi apa saja yang harus Anda riset?

Pertama, tentukan dulu jenis target audience atau penontonnya. Ketahui profil audience Anda seperti berapa usia mereka, jenis kelaminnya, minat mereka hingga di mana mereka biasa berkumpul. Informasi tersebut sangat penting untuk menentukan jenis konten video yang akan dibuat nanti. Dalam riset, Anda juga harus memikirkan tindakan seperti apa yang nantinya akan diambil oleh audience.

  • Jangan hanya jualan, beritahu juga juga nilainya

Video marketing adalah memasarkan produk atau jasa dengan memanfaatkan konten video. Tapi Anda juga perlu ingat, bahwa marketing itu bukan hanya soal jualan. Marketing adalah soal menyampaikan nilai dari sebuah produk atau jasa.

Fokuslah untuk menyampaikan nilai dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Misalnya jika Anda ingin memasarkan produk pakaian, tunjuk-kan bahwa dengan pakaian tersebut pemakainya bisa terlihat fashionable dan tetap jadi dirinya sendiri. Untuk menonjolkan nilai, Anda juga harus tahu apa yang dibutuhkan atau diinginkan oleh target audience Anda. Dari sini, akan lebih mudah untuk menentukan nilai apa yang sebaiknya ditonjolkan.

  • Manfaatkan 5 detik pertama sebaik mungkin

Dalam membuat konten apapun, ada aturan yang selalu menjadi pegangan oleh para pembuat konten. Detik-detik pertama sangatlah menentukan. Apakah audience akan lanjut menonton video marketing yang Anda buat atau tidak, semua itu tergantung seberapa baik Anda menarik perhatian mereka di 5 detik pertama.

Untuk itu, buat 5 detik pertama video marketing Anda semenarik mungkin. Ada beberapa cara untuk mengikat perhatian audience di 5-10 detik pertama. Salah satunya adalah dengan menyentil sisi kemanusiaan atau sisi kehidupan mereka. Anda bisa mulai dengan menyajikan masalah yang kemungkinan tengah mereka hadapi atau mengambil isu yang mampu menarik perhatian mereka.

  • Pilih media pemasaran video yang tepat

Memilih media video marketing itu juga penting. Jika Anda sudah melakukan riset, pemilihan media pemasaran ini akan jauh lebih mudah. Media pemasaran video biasanya disesuaikan dengan tempat di mana target pasar Anda kerap berkumpul. Kalau target pasar Anda sering menonton TV, pasarkan video yang telah dibuat di media TV.

Tapi kalau target pasar Anda lebih sering menonton video di media sosial seperti Instagram, Facebook atau YouTube, pasarkan video tersebut di media-media tersebut. Untuk media sosial, Anda juga harus tahu bahwa setiap media sosial memiliki jenis pengguna yang berbeda. Jadi agar lebih tepat sasaran, pahami juga karakter dan kebiasaan target pasar Anda.

  • Pasarkan video di waktu yang tepat

Jangan asal menayangkan video marketing. Jika target pasar Anda lebih banyak yang menonton TV, cari tahu di jam-jam berapa mereka biasa menonton TV. Kalau target pasar Anda lebih sering menonton YouTube, cari tahu kapan biasanya mereka menonton video di YouTube.

Langkah-Langkah Membuat Video Marketing

Setelah mengetahui berbagai macam video marketing dan hal yang perlu anda perhatikan, maka mari ikuti langkah untuk membuatnya!

  1. Rencanakan Video 

Metodologi Inbound adalah pendekatan pemasaran dan penjualan yang berfokus untuk menarik pelanggan melalui konten dengan menciptakan interaksi yang relevan serta bermanfaat bagi audiens. Setiap video yang Anda buat harus mengakui bahwa ada tantangan yang dialami audiens Anda dan brand Anda juga harus kasih solusinya.

Di sisi lain, banyak juga brand menghasilkan banyak video-video ramah semacam ucapan hari raya dll di media sosial mereka. Tetapi karena mereka hanya meniru model umum yang mereka lihat, ada sedikit substansi dari kontennya dan mereka jadi kurang memperhatikkan kebutuhan audiens/ customer potensial mereka sebenarnya.

  1. Buatlah Storyboard Video Anda

Mulailah menulis skrip Anda seperti pada saat Anda hendak memulai posting blog. Buat daftar poin-poin kunci Anda dan tampilkan urutan pesannya secara logis. Selain itu, Anda mungkin juga perlu memilih host video atau pembicara dengan jenis suara dan penampilan yang menarik sehingga orang tertarik untuk menontonnya.

  1. Siapkan Studio/ Tempat Rekaman Anda

Siapkan apa saja yang jadi kebutuhan rekaman Anda. Anda mungkin membutuhkan tripod, lampu, mikrofon, dan lain sebagainya. Coba daftar dan jika budget Anda terbatas, Anda bisa mempelajari trik-trik pengganti fungsi benda-benda mahal alat perekaman. Soal tempat, cobalah untuk melihat tempat mana yang pas dengan konten video Anda sekaligus menarik secara visual. Anda bisa saja mendekor ruangan kerja Anda untuk syuting. Intinya, buatlah audiens Anda tertarik untuk menonton video marketing Anda sampai habis, tapi jangan sampai uang Anda habis.

  1. Rekam dan Sunting Video Anda

Ini tentunya jadi langkah paling krusial yang harus Anda lakukan. Rekam dan sunting hasil rekaman Anda. Anda juga bisa memanfaatkan template video gratis yang kini sudah banyak disediakan di internet untuk memberi after effect pada video marketing Anda.

  1. Lakukan SEO Video

Nah, ini memang langkah terakhir, namun sebenarnya merupakan langkah yang penting untuk tidak dilewatkan begitu saja. Jika Anda ingin meraih lebih banyak audiens dan menjadikan mereka customer loyal Anda, cobalah untuk melakukan Search Engine Optimization Video.

 

Dari Langkah tersebut tentu mungkin anda akan sedikit bingung terlebih belum tentu video yang anda buat akan menarik audience. Oleh karna itu kami menyarankan anda untuk menggunakan Jasa Iklan saya karena anda tidak perlu membuang-buang waktu dengan melakukan Riset dan membuat Videonya anda hanya cukup membayar untuk Iklan saja, dan anda akan mendapatkan Iklan Beserta Konten-nya. Untuk itu Consultasikan dan Pelajari Lebih Lanjut Mengenai Iklan Video Marketing>>

Baca Juga :

  1. Pengertian Lengkap dan Jenis-Jenis Video Marketing Serta Pengaruhnya dalam Bisnis !
  2. Pengertian Website Lengkap dengan Jenis-Jenis dan Keuntungan-nya
  3. Keunggulan Web Eksklusif & Web Template, Serta Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Profesional
  4. Pengertian, Kelebihan, dan Strategi Email Marketing
  5. Pengertian dan Perbandingan Email Marketing  Dan Email Marketing Automation
  6. Pengertian, Keuntungan, dan Tips menggunakan fitur Email Bisnis Automation !
  7. Pengertian dan Keunggulan Digital Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *