Taking too long? Close loading screen.

Hal-Hal yang perlu dipelajari sebelum membuat Bisnis Online untuk Para Pemula

Hal-Hal yang perlu dipelajari sebelum membuat Bisnis Online untuk Para Pemula

Hai DKM’ers,,

Apakah anda ingin memulai Bisnis Online? Memulai bisnis online saat ini memang menjadi pilihan banyak orang dalam mendapatkan uang. Selain bekerja anda juga dapat menjadikannya sebagai bisnis sampingan . Untuk membuat bisnis online sangatlah mudah. Anda hanya memerlukan jaringan internet yang stabil dan tentunya dengan produk/jasa yang ingin anda pasarkan.

Oleh karena itu kami akan memberikan panduan lengkap mengenai Hal-Hal yang perlu Anda pelajari saat ingin membuat Bisnis Online. Anda bisa mengikuti setiap langkah-langkahnya dan setelah itu mulailah membuat Bisnis Online anda sendiri.

7 Langkah yang perlu dipelajari sebelum membuat Bisnis Online untuk Para Pemula

Cara memulai bisnis online terlihat mudah tapi sebenarnya tidak sesederhana yang Anda bayangkan. Ada banyak proses yang perlu Anda lalui. Dengan melalui proses-proses berikut ini satu per satu, maka bisnis online Anda tidak hanya lahir saja, tetapi juga bisa bertahan dan berkembang menjadi bisnis online yang besar. yaa karena tidak menutup kemungkinan Bisnis kecil bisa berkembang menjadi Bisnis yang besar jika kita Focus dalam menjalankannya.

Maka dari itu berikut Langkah yang harus anda pelajari dan jalankan Ketika membuat Bisnis Online :

1. Membangun Mindset yang Benar & Tepat

Untuk memulai bisnis online anda haru memiliki mindset dalam bisnis online yang benar dan tepat. Mindset kami tempatkan di posisi pertama karena mindset itu adalah pondasi dalam melakukan sesuatu. Karena jika mindset-nya benar, maka langkah-langkah selanjutnya juga akan benar. Jika dari mindset-nya saja sudah salah, maka langkah-langkah akan menyulitkan. Tidak hanya itu dengan mindset yang benar tentang bisnis online, sekalipun Anda mengalami kegagalan, maka kegagalan itu tidak akan membuat Anda terpuruk.

Dengan mindset yang benar, begitu mengalami kegagalan dalam bisnis, Anda akan segera bangun dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang menyebabkan Anda jatuh. Karena Kesuksesan bisnis itu 80% ditentukan oleh psikologi (mindset) dan 20% nya lagi strategi atau sistem bisnisnya. Dan ketika Anda tidak mempunyai mindset bisnis online yang benar, sekali Anda jatuh, selamanya Anda akan terus terpuruk dan menyalahkan keadaan. Kondisi seperti ini bisa diubah kalau Anda mengubah mindset Anda.

2. Lakukan Riset

Riset atau penelitian, ialah hal yang paling utama dan penting sebenarnya ketika kita ingin menjalankan suatu bisnis, karena dari riset tersebut kita dapat mengumpulkan, melihat, memilih dari berbagai macam data. Dan dari situ juga kita dapat memilih produk lalu membuat konten yang menarik. Sebagai berikut kami akan memberikan beberapa ringkasan dalam melakukan Riset :

  • Perhatikan Produk Apa yang Akan Anda Jual

Terdapat beberapa resiko yang akan terjadi ketika Anda berjualan barang secara online, terutama dalam proses pengiriman. Ingat Anda harus mempertimbangkan apakah barang yang Anda jual akan aman ketika sampai ke tangan pembeli. Anda pun harus mengetahui kurir mana yang cocok dengan produk Anda.

Contohnya, Anda menjual baju, anda dapat menggunakan jasa kurir apa saja yang aman. Namun lain halnya Ketika Anda menjual makanan yang memang tidak tahan lama. Anda harus mencari kurir yang dapat mengantar makanan Anda secara cepat dalam waktu beberapa jam, agar ketika sampai ke tangan pembeli rasa dan bentuk makanan tidak rusak dan masih dapat dinikmati.

  • Tentukan siapa yang akan menjadi target market Anda

Ada banyak orang yang terlalu buru-buru menentukan apa yang akan dia jual. Dalam pikirannya hanya ada pertanyaan apa yang bisa dijual lewat internet? Padahal menentukan kepada siapa kita akan menjual itu lebih penting daripada kita mau jualan apa. Contohnya, Anda menentukan jualan sepatu bayi yang baru lahir. Maka yang akan menjadi target market Anda adalah ibu-ibu yang baru saja melahirkan.

Berbeda ceritanya kalau Anda menentukan lebih dulu pada siapa Anda akan menjual barang. Misalnya Anda menentukan target market-nya adalah ibu muda yang baru saja melahirkan. Maka Anda bisa menjual lebih banyak produk, tidak hanya sepatu bayi saja, tetapi juga ada seperti susu, suplemen, baju menyusui, botol dan pompa asi, dan lain sebagainya.

  • Tentukan Platform Penjualan Bisnis Online Shop Anda

Sebaiknya Anda menentukan platform apa saja yang akan Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Dengan begitu Anda bisa menyusun strategi yang tepat untuk produk Anda. Jangan sampai Anda menjual pada platform yang tidak sesuai dengan target pembeli. Dan pastikan platform tersebut dapat mempermudah para pembeli Anda.

Misalkan Anda menjual barang-barang elektronik yang harganya mencapai jutaan rupiah, Anda dapat memilih platform atau marketplace yang memang sudah menyediakan sistem pembelian secara kredit. atau anda juga dapat membuat platform bisnis Anda sendiri seperti membuat Website Bisnis atau E-commerce tapi untuk itu kami sarankan untuk anda konsultasi-kan nya terlebih dahulu.

Jasa Consulting Bisnis: www.duniakreasi.co.id

3. Menyiapkan produk

Ada beberapa Bisnis yang dapat di jalankan secara online, kami akan memberikan beberapa contohnya, Misalnya jika anda jualan online, maka yang perlu Anda persiapkan tentu saja produk. Dalam Produk ada 3 cara yang dapat anda lakukan seperti berikut ini :

  • Membuat produk sendiri
  • Membeli produk dari orang lain kemudian menjualnya lagi
  • Sistem Dropshipper atau mengambil produk dari orang lain, tanpa perlu punya stok.

Jika Anda sudah memilih beberapa cara tersebut anda bisa juga memilih produk apa yang ingin Anda jual. Misalnya anda ingin menjual produk anda sendiri dan terbilang cukup High untuk itu dibutuhkan membuat platfrom sendiri seperti website atau. Atau jika produk anda ingin lebih dipasarkan juga anda bisa mendaftarkan produk anda di salah satu marketplace terkenal seperti Shopee dan TokoPedia.

4. Perhatikan Kualitas Produk Anda

Penjualan secara online berarti pembeli hanya dapat melihat produk Anda dari foto atau video, dan dari keterangan yang Anda berikan mengenai produk tersebut. Maka, Anda harus menjaga kepercayaan pelanggan dengan memperhatikan kualitas produk yang Anda jual. Ingatlah, bahwa menarik pelanggan tak hanya dari platform Anda saja, bisa jadi dari mulut ke mulut.

Ketika produk yang Anda tawarkan memang bagus dan tidak mengecewakan pembeli, maka memungkinkan para pembeli Anda untuk memberi tahu kolega-nya untuk membeli produk yang Anda jual. Adapun, ketika barang yang sampai ke tangan pembeli tidak sesuai. Maka, bisa jadi nama dari brand Anda akan tercoreng dan hal tersebut dapat merugikan Anda.

5. Buat Konten atau Foto Produk yang Menarik

Karena Anda menjual produk secara online, sebaiknya Anda membuat foto produk Anda semenarik mungkin. Hal ini dilakukan agar menarik para pembeli. Jika bisa berikan Konten edukasi, manfaat, atau cara menggunakannya. Bisa berupa Foto atau Video yang anda edit.

Sebelum membuat foto produk, Anda dapat mencari contoh foto produk yang menurut Anda sesuai untuk menarik pembeli. Tak ada salahnya Anda mencontoh konsep foto tersebut, namun tak lupa Anda harus memfokuskan foto tersebut dan menonjolkan kelebihan dari produk Anda.

6. Membuat website/landingpage/katalog/marketplace

Setelah Anda memutuskan produk apa yang mau Anda gunakan untuk memulai bisnis online. berikutnya buat website/landingpage/katalog/marketplace. Tujuannya adalah selain sebagai media jualan juga sebagai media Komunikasi apa yang Anda tawarkan.

Kalau di bisnis konvensional, website/landingpage/katalog/marketplace ini merupakan toko atau etalase. Dengan website/landing page/katalog/marketplace ini orang bisa membaca penawaran Anda, melihat visualisasi dari produk atau layanan Anda dan juga melakukan dapat melakukan pembelian atau hal yang anda harapkan.

7. Mendatangkan traffic

mendatangkan Traffic? yaps ini adalah tahapan yang anda tunggu karena ini adalah tujuan dari segala Langkah yang anda lakukan. tentu anda berfikir bukan bagaimana caranya, tentu saja dengan rangkaian yang sebelumnya seperti membuat konten yang menarik, desing, atau promo untuk menarik sekaligus tes market bisnis anda.

Lalu bagaimana caranya agar mendatangkan pelanggan?, tentu saja dengan Iklan. Oleh karena itu pilih Agensi Iklan yang sudah mencangkup semuanya seperti maintenance medsos atau akun jualan anda, jadi anda tidak perlu memikirkan konten apa yang menarik untuk di iklankan dan mendatangkan Traffic. Anda hanya perlu membayar dan dapat juga konsultasi-kan Bisnis Anda pelajari lebih lanjut untuk ke depannya..

Baca Juga :

  1. Kelebihan & Keuntungan Membuat Video Marketing Untuk Promosi Bisnis Online!
  2. Cara Membuat Video Marketing Lengkap Beserta Langkah dan Hal Yang Perlu di Ketahui !
  3. Pengertian Lengkap dan Jenis-Jenis Video Marketing Serta Pengaruhnya dalam Bisnis !
  4. Keunggulan Web Eksklusif & Web Template, Serta Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Profesional
  5. Pengertian dan Perbandingan Email Marketing  Dan Email Marketing Automation
  6. Pengertian, Keuntungan, dan Tips menggunakan fitur Email Bisnis Automation !
  7. Pengertian dan Keunggulan Digital Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *