Taking too long? Close loading screen.

Pengertian IKLAN Lengkap dan Jenis Jenisnya !

Apa itu IKLAN? Pengertian Lengkap dan Jenis Jenisnya !

Haii DKM’ers,

Di era Digital seperti ini tentu sering kali kita melihat iklan bukan ?, Iklan yang dulunya kita lihat hanya iklan di televisi, koran, atau papan reklame di jalan. Tapi kini seiring berjalannya waktu dan berkembangnya dunia digital, kini justru lebih sering kali kita melihat Iklan terutama di media social seperti Instagram,Facebook, Youtube, ataupun mesin pencari. Oleh karena itu kami akan membahas secara lengkap tentang Iklan dan beberapa jenis kategori Iklan .

APA ITU IKLAN?

Pengertian Iklan adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, instansi/ lembaga, perusahaan, yang isinya berupa pesan yang menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak. Maksud dan tujuan dibuatnya iklan adalah untuk membujuk/ mendorong masyarakat sehingga menjadi tertarik menggunakan produk/ jasa yang ditawarkan.

Biasanya iklan dipasang di berbagai media agar terlihat oleh banyak orang, baik itu media offline maupun media online. Beberapa media tersebut diantaranya Koran, Majalah, Tabloid, Televisi, Situs Berita, Blog, Media Sosial, Mesin Pencari, dan tempat-tempat umum.

Iklan mengandung pemberitahuan kepada masyarakat dan bersifat mempengaruhi pembaca agar melakukan apa yang dikehendaki. Iklan tidak terbatas pada produk, melainkan juga pada informasi, ajakan atau seruan untuk melakukan suatu hal. Seperti contohnya ajakan untuk menanam pohon atau menjauhi narkoba.

Pembuatan iklan di media cetak dibatasi oleh ruang atau tempat, sedangkan iklan di media digital dibatasi oleh durasi. Jadi, pembuatan iklan biasanya dibuat singkat, padat dan berisi untuk mengurangi beban biaya penayangan.

Pengertian Iklan Berdasarkan Para Ahlinya

Agar lebih detail dan paham berikut Pengertian Iklan berdasarkan dari Para Ahlinya :

  1. Kotler

Menurut Kotler, pengertian iklan adalah bentuk penyajian dan promosi suatu barang, jasa, dan ide, secara non-personal oleh suatuk sponsor tertentu dimana untuk penayangan-nya biasanya harus membayar suatu media.

  1. Rhenald Kasali

Menurut Rhenald Kasali, pengertian iklan adalah suatu pesan yang menawarkan sebuah produk/ jasa yang ditujukan kepada khalayak dengan melalui suatu media

  1. Rachmat Kriyanto

Pengertian iklan adalah pesan mengenai suatu produk yang disampaikan lewat media dengan biaya tertentu untuk disebarluaskan kepada masyarakat.

  1. Suhandang

Iklan merupakan salah satu teknik komunikasi massa untuk menyebarkan informasi mengenai suatu barang atau jasa yang dikenakan biaya tertentu.

  1. Gilson dan Berkman

Iklan adalah media komunikasi yang bertujuan untuk mempersuasi atau membujuk masyarakat yang berguna untuk pemasaran suatu produk tertentu.

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian iklan adalah merupakan berita atau pesan yang dibuat sedemikian rupa dengan tujuan untuk mendorong dan membujuk masyarakat agar tertarik dengan produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Iklan disampaikan melalui media komunikasi masa seperti surat kabar, majalah, tayangan televisi, siaran radio, media sosial maupun dengan ditempel pada tempat-tempat umum.

Baca Juga : Pengertian dan 7 Jenis Ide Bisnis Jual Online yang dapat Menjajikan untuk Anda !

4 Jenis Jenis Iklan Berdasarkan Kategorinya

Dari Pengertian di atas, lanjut kita akan membahas Jenis-Jenis Iklan. Iklan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Berdasarkan media yang digunakan iklan dapat digolongkan menjadi beberapa bagian berikut :

1. Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya

  • Iklan Penawaran ( Niaga )

Iklan niaga adalah iklan yang dibuat dengan tujuan agar orang tertarik untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan.

contohnya iklan penawaran Produk atau Jasa misalnya Tas, Sepatu, Smartphone, Jasa Digital Marketing dan lain-lain.

2. Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Digunakan

  • Iklan Cetak

Iklan cetak adalah iklan yang dipublikasikan melalui media cetak seperti koran, majalah, surat kabar, tabloid dan sebagainya. berdasarkan ruang yang digunakan iklan jenis ini dibedakan lagi  menjadi 2 bentuk, yakni Iklan baris dan Iklan Kolom.

  • Iklan Advertorial

Iklan advertorial adalah jenis iklan Pemberitahuan atau pemberitaan yang dikemas seperti berita dengan bahasa penulisan jurnalistik.

  • Iklan Display

Hampir sama seperti iklan kolom, Namun mempunyai ukuran yang lebih besar gambar dan tulisannya dari iklan kolom, seperti iklan pada papan di jalanan.

  • Iklan elektronik

Adalah iklan yang dipublikasikan melalui media elektronik seperti, radio, televisi dan internet. Berikut adalah beberapa iklan elektronik tersebut:

-Iklan radio: iklan radio hanya bisa didengarkan saja karena bentuknya hanya suara (audio). Contoh :Iklan di Spot, dan Sponsor Program, dll

-Iklan televisi: iklan televisi terdapat unsur suara, gambar, gerak, dan teks, sehingga lebih menarik bagi audiens. contoh iklan televisi adalah Animation, Sponsor Program, dll

-Iklan film: iklan film dapat dilihat ketika kita melihat sebuah film/ Cinema. Biasanya iklan tayang sebelum film dimulai dimana bentuk iklan adalah trailer dan endorsment.

-Iklan media digital interaktif: iklan jenis ini tayang di berbagai media online yang banyak pengunjungnya. Beberapa jenis iklan di media digital diantaranya Banner & Button, Website, Sponsorship, Search Engine Marketing, Email Marketer Social Media , dll

-Iklan luar ruang: jenis iklan ini adalah iklan elektronik yang berada di luar ruangan dan posisinya terlihat khalayak ramai. Beberapa contoh iklan luar ruang ini adalah iklan transit, mobile billboard, outdoor standar, display, dll

  • Iklan Perusahaan

Iklan perusahaan atau Corporate Advertising adalah iklan yang tujuannya untuk membangun citra perusahaan yang kemudian akan membangun citra produk atau jasa yang diproduksi perusahaan tersebut agar diminati masyarakat. contohnya seperti iklan DK Marketing Jasa Konsultasi Profesional dalam pembuatan website maupun Digital Marketing.

  • Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat adalah iklan yang tujuannya untuk mempengaruhi orang agar memberikan dukungan atau mengikuti kampanye yang dilakukan pembuat iklan.  Atau lebih jelasnya Iklan yang berisi imbauan atau ajakan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang di-iklankan. contohnya iklan anti narkoba, iklan pil KB, iklan lingkungan hidup, dll

3. Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

  • Iklan Pengumuman

Jenis iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian khalayak tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan. Iklan yang isinya menyampaikan pengumuman mengenai suatu peristiwa kegiatan atau pun lainnya.

Contoh iklan pemberitahuan: Iklan berita duka cita, Iklan reuni alumni sekolah, Iklan kelulusan, dll

  • Iklan Penerangan

Memberi penerangan tentang suatu hal, dalam istilah lain iklan jenis ini bisa juga disebut iklan layanan masyarakat bisa melalui media elektronik maupun langsung.

  • Iklan Reklame

Iklan yang isinya mempromosikan barang atau jasa yang hendak dijual untuk mencari keuntungan dan disampaikan berulang- ulang melalui media massa. Iklan reklame biasanya memuji atau suatu yang ditawarkan, seperti, tiada banding, kualitas no 1 dll.

4. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Iklan berdasarkan tujuannya dapat dibagi menjadi dua, yaitu iklan komersial dan iklan non-komersial.

  • Iklan Komersial

Tujuan iklan komersial adalah untuk mencari keuntungan ekonomi, atau untuk meningkatkan penjualan. Jenis iklan komersial dapat dibagi tiga, yaitu:

-Iklan konsumen: ditujukan pada konsumen akhir (end Consumer) suatu produk.

-Iklan Bisnis: ditujukan kepada pihak yang dapat mengolah atau menjual produk yang di iklankan kepada konsumen akhir.

-Iklan Profesional: ditujukan bagi segmen tertentu, yaitu para profesional.

  • Iklan Non-Komersial

Jenis iklan non-komersial umumnya dibuat untuk tujuan memberikan informasi, ajakan, dan edukasi terhadap masyarakat. Iklan ini tidak untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, namun untuk keuntungan sosial bagi semua masyarakat.

Keuntungan yang didapat dari iklan tersebut adalah adanya pengetahuan, kesadaran, sikap, dan perubahan perilaku masyarakat terhadap isu yang di-iklankan. Contoh iklan masyarakat misalnya kampanye Keluarga Berencana, iklan pentingnya pendidikan, iklan bahaya rokok, iklan global warming, iklan bahaya demam berdarah, dan lain-lain.

Dari Pengertian Iklan di atas mungkin anda akan tertarik dan mulai ingin mengetahui lebih lanjut dan memulai memasang Iklan untuk Produk atau Jasa yang anda miliki, Tapi sebelum itu ada baiknya ada Konsultasi-kan terlebih dahulu kepada ahlinya. Pelajari lebih lanjut>> 

Baca Juga :

  1. Macam-macam Bisnis Online berdasarkan sistemnya dan 7 Keuntungannya
  2. Dampak Pandemi Bagi Bisnis Retail dan Win Solution!
  3. Pengertian dan 7 Jenis Ide Bisnis Jual Online yang dapat Menjajikan untuk Anda !
  4. Kelebihan & Keuntungan Membuat Video Marketing Untuk Promosi Bisnis Online!
  5. Pengertian Lengkap dan Jenis-Jenis Video Marketing Serta Pengaruhnya dalam Bisnis !
  6. Keunggulan Web Eksklusif & Web Template, Serta Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Profesional
  7. Pengertian, Keuntungan, dan Tips menggunakan fitur Email Bisnis Automation !

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *