Taking too long? Close loading screen.

Pengertian Lengkap dan Jenis-Jenis Video Marketing Serta Pengaruhnya dalam Bisnis !

Pengertian Lengkap dan Jenis-Jenis Video Marketing Serta Pengaruhnya dalam Bisnis !

Haii DKM’ers,,

Video marketing kini semakin diminati kalangan pebisnis sebagai strategi Pemasaran. Video marketing telah memainkan peranan sangat besar dalam upaya penjangkau-an customer potensial dan kampanye brand. Video sering kali dianggap sebagai media dari sebuah industri, dan ini tidak salah. Untuk itu kita akan membahas tentang Pengertian lengkap dan jenis-jenis Video Marketing serta Pengaruhnya dalam Bisnis.

APA ITU VIDEO MARKETING ?

Mengutip dari wikipedia, Video bisa diartikan sebagai teknologi pengiriman sinyal elektronik dari sebuah gambar bergerak. Namun lebih dari itu, video sebenarnya adalah wadah/ penampung konten, sebuah metode yang strategis untuk menyampaikan pesan dengan video marketing yang banyak.

Dari segi Pemasaran, Marketing adalah sebuah rangkaian aktivitas yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan atau pun kepuasan pelanggan. bisa diartikan juga sebagai upaya untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa dengan cara-cara yang bisa diterima oleh target pasar.

Jadi, Video Marketing adalah sebuah metode pemasaran yang dilakukan untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa kepada publik melalui konten video. Video Marketing merupakan strategi terbaik dalam pemasaran bisnis/ brand Anda di era digital ini. Karena jika video marketing telah terkonsep dan menarik, maka hasilnya video ini bisa menampilkan gambar dan audio secara bersamaan yang mudah dimengerti audiens, sekaligus mengubah audiens menjadi customer Anda.

Sekitar tahun 2013 penggunaan video pada sebuah blog dan media sosial menjadi trend. Namun saat itu popularitas video marketing belum terasa di kalangan para netizen di tanah air. Baru pada tahun 2014 video marketing menjadi trend di ranah maya Indonesia. Promosi bisnis akan semakin mengena dan disukai konsumen jika dengan penyajian yang menarik. Media bisnis yang semakin berkembang adalah video marketing. Tampilan-nya yang lebih menarik dan komunikatif, membuat media promosi ini dirasa paling ideal guna menarik perhatian masyarakat luas.

Jenis-Jenis Video Marketing

Sebelum memulai perekaman video, Anda harus terlebih dahulu menentukan jenis video mana yang ingin Anda buat. Coba lihat daftar jenis video marketing berikut ini agar Anda bisa lebih memahami pilihan/ variasi medium pemasaran Anda! Klik utuk contohnya : jenisjenisiklanDKMarketing.com

  • Video Branding ( Promosi )

Video Branding adalah Video yang biasa digunakan untuk membantu audiens Anda lebih memahami mengapa mereka membutuhkan produk/ jasa Anda. Banyak video branding dari brand ternama biasanya memuat pesan yang menunjukkan bagaimana produk mereka bisa mengatasi kesulitan seseorang. Video yang menjelaskan tentang Brand atau apa yang anda jual. Video Trailler Film juga termasuk kedalam-nya.

  • Video Demo ( Tutorial )

Video Demo atau Tutorial ini banyak disukai penonton terutama mereka yang masih muda. Tujuannya jelas, yakni agar penonton paham bagaimana cara-cara menggunakan suatu produk dengan cepat dan praktis. Seperti menunjukkan bagaimana produk/ jasa Anda bekerja. Selain itu, Anda juga bisa tekankan pada nilai lebih brand Anda dari kompetitor. Dengan begitu, penonton akan lebih tertarik dan mudah memahami tanpa perlu penjelasan staf perusahaan secara langsung.

  • Video Event

Video marketing yang satu ini bisa berisi rekaman ketika perusahaan Anda sedang menyelenggarakan seminar, diskusi produk, aksi sosial, atau berbagai jenis acara lainnya.

  • Video Petunjuk/ Edukasi

Video petunjuk/ edukasi ini bisa digunakan untuk mengajarkan customer atau audiens Anda sesuatu yang baru atau mungkin untuk membangun pengetahuan dasar yang mereka butuhkan dalam lebih memahami bisnis dan solusi dari brand Anda.

  • Video edukasi

Selain tipe video di atas, banyak juga orang Indonesia yang suka dengan format video edukasi, khususnya anak muda, yang suka mempelajari dan mengetahui hal-hal baru. Video dengan tipe ini biasanya berisikan informasi soal isu tertentu, yang mana dirasa penting oleh pelaku usaha untuk disampaikan ke khalayak. Misalnya saja brand kecantikan, yang membuat video berisi pentingnya menjaga kesehatan kulit dari debu dan kotoran.

  • Video profil

Jangan kira video profil perusahaan hanya bermanfaat bagi partner bisnis saja. Konsumen Anda juga perlu informasi tentang perusahaan Anda. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk memperkuat citra brand Anda adalah dengan membuat video profil ini. Dengan menceritakan kisah perusahaan Anda sendiri mulai dari visi, misi, sampai tujuan, secara tidak langsung Anda juga menanam kepercayaan kepada para konsumen di luar sana.

  • Video Dokumenter

Video Dokumenter biasanya akan menceritakan kisah-kisah perjalanan hidup yang nyata nan inspiratif di luar sana. Seringkali pembuat video akan berpusat pada satu tokoh yang bisa memotivasi dan menginspirasi banyak orang. Meski tipe ini masih kalah populer dibandingkan tipe Video lainnya, tapi tidak ada salahnya dicoba. Karena ternyata tidak sedikit orang yang menikmati video jenis ini.

Pengaruh dan keunggulan Video Marketing

Dari Jenis-Jenis Video Marketing di atas tentu saja memiliki pengaruh dan keunggulan jika menggunakan-nya bukan? Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa keunggulan yang dimiliki dalam membuat Video Marketing.

  1. Memiliki daya tarik paling tinggi

Dalam sebuah survei Google Traffic, Video menempati posisi tertinggi dalam hal jenis konten yang ingin dilihat oleh publik. Tentunya Hasil survei ini menunjukkan bahwa konten video memiliki peluang lebih besar untuk diperhatikan. Peluang untuk mencapai tujuan pemasaran juga menjadi lebih tinggi dengan memanfaatkannya.

  1. Konten video memiliki brand recall

Manusia lebih mudah mengingat gambar dari kata-kata. Namun lebih dari itu, manusia jauh lebih mudah mengingat gambar bergerak yang dilengkapi dengan suara atau audio. Video marketing memiliki keduanya. Karena itulah, brand recall atau kemampuan video dalam mengingatkan penonton akan sebuah brand juga lebih tinggi.

  1. Mampu Memperkuat Identitas Brand

Merek atau brand yang dipasarkan lewat konten video cenderung mendapatkan apresiasi lebih tinggi di mata pelanggan. Tingkat kepercayaan pelanggan menjadi lebih tinggi saat brand tersebut dipasarkan lewat konten video. Video marketing adalah strategi pemasaran yang mampu memperkuat identitas sebuah brand. Tidak mengherankan, banyak brand-brand besar yang menerapkan strategi pemasaran ini.

 

Nah dari Pembahasan kita di atas, tentu anda sudah paham bukan mengenai apa itu Video Marketing dan Jenis-Jenisnya. Dari jenis-jenis tersebut apakah anda sudah menentukan video mana yang ingin anda buat? Jika sudah maka di artikel selanjutnya kami akan membahan mengenai Keuntungan dan cara membuat Video Marketing.

Tapi untuk membuat Video Marketing kami menyarankan anda lebih baik untuk Berkonsultasi terlebih dahulu kepada pakar-nya agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari. Oleh karena itu Konsultasikan Bisnis Anda dan pelajari lebih lanjut>>

Baca Juga :

  1. Cara Membuat Video Marketing Lengkap Beserta Langkah dan Hal Yang Perlu di Ketahui !
  2. Pengertian Website Lengkap dengan Jenis-Jenis dan Keuntungan-nya
  3. Keunggulan Web Eksklusif & Web Template, Serta Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Profesional
  4. Pengertian, Kelebihan, dan Strategi Email Marketing
  5. Pengertian dan Perbandingan Email Marketing  Dan Email Marketing Automation
  6. Pengertian, Keuntungan, dan Tips menggunakan fitur Email Bisnis Automation !
  7. Pengertian dan Keunggulan Digital Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *