Taking too long? Close loading screen.

Pengertian Website Lengkap dengan Jenis-Jenis dan Keuntungan-nya

Pengertian Website Lengkap dengan Jenis-Jenis dan Keuntungan-nya

Hai DKM’ers,,

Dalam perkembangan bisnis, Website adalah salah satu platform terbanyak yang digunakan dalam mengembangkan Bisnis atau Perusahaan. Website saat ini sudah semakin merakyat, artinya Website semakin mudah untuk diakses oleh semua orang. Tak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan organisasi ternama, perusahaan besar atau bahkan pemerintahan saja, melainkan website juga sudah bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan pribadi. Sebelum anda membuat website ada baiknya anda mempelajari terlebih dahulu apa itu website? Terdapat berapa jenis dan apa Keuntungan menggunakan-nya ?

 

APA ITU WEBSITE ?

Website adalah sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar, video, animasi, suara, maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink (HTML) ,  yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home-page) menggunakan sebuah browser menggunakan URL website.

Sebagai contoh, untuk alamat Website Profesional adalah: https://www.duniakreasi.co.id Seperti dibawah ini

Unsur-Unsur yang diperlukan dalam membuat Website

Terdapat 3 unsur yang sangat vital pada website. Tanpa adanya semua unsur ini, website anda tidak akan pernah ditemukan dan diakses oleh pengguna di internet. Ketiga unsur yang dimaksud adalah:

  1. Domain

Jika website di ibaratkan sebagai produk, maka domain adalah merk. Penggunaan domain yang menarik akan membuat orang tertarik untuk memasuki suatu website. Dengan pemilihan nama domain yang unik juga membuat orang mudah mengingatnya untuk nantinya dikunjungi kembali.

  1. Hosting

 Tidak kalah pentingnya dengan domain, hosting memiliki peran untuk menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya) yang diperlukan untuk membentuk suatu website.

  1. Konten

Tanpa adanya konten pada website, maka website bisa dikatakan tidak memiliki tujuan yang jelas. Konten pada website dapat berupa teks, gambar atau video. Jika dilihat dari konten yang disuguhkan, terdapat beberapa macam website. Misalnya saja, sosial media, website berita, website jual beli atau website yang berisi konten yang berdasarkan minat, bakat serta hobi.

Baca Juga:Keunggulan Web Eksklusif & Web Template, Serta Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Profesional

Jenis-jenis Website

Website merupakan media untuk menampilkan informasi. Awal kemunculan-nya, informasi yang ditampilkan pada website hanya berupa tulisan. Saat ini berbagai jenis website dapat Anda temukan dengan mudah, tidak hanya menampilkan informasi berupa tulisan atau gambar saja. Kini juga dapa menjadi sebagai media Jual-Beli.

Berikut beberapa diantaranya:

  1. Website Personal

Saat ini tersedia berbagai layanan yang dapat Anda gunakan untuk membuat website pribadi. Mulai dari yang gratis sampai layanan berbayar. Untuk yang gratis, Anda harus bersedia memiliki alamat website seperti www.namawebsite.blogspot.com

Alamat website contoh di atas tidak disarankan untuk Anda yang ingin memiliki konten lengkap, seperti dengan adanya video dan banyak gambar. Biasanya, penyedia layanan website gratis akan memberikan resource yang terbatas. Selain itu, untuk alamat dari website Anda akan sulit bersaing di mesin pencari. Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk membuat website melalui layanan penyedia domain dan hosting. Seperti menggunakan Jasa Website Professional.

  1. Website Toko Online (e-commerce)

Pasar atau toko online bukan lagi sesuatu yang asing di telinga masyarakat dunia. Website E-commerce menyediakan tempat jual-beli, baik baru maupun bekas, dari merek ternama hingga tanpa merek sekalipun. Apapun website yang menyediakan fasilitas ber-transaksi dapat dikategorikan ke dalam website e-commerce.

Jika  Anda ingin membuat toko online dengan fungsi yang tidak jauh berbeda dengan toko online yang ada saat ini? Anda dapat  menggunakan sebuah tool yang tepat Anda bisa membuatnya dalam hitungan jam bahkan menit, dan website toko online Anda sudah dapat diakses melalui internet. Tapi untuk itu kami sarankan lebih baik anda konsultasikan terlebih dahulu karena website e-commerce memerlukan beberaapa aspek yang tentu tidak bisa didapat secara gratis.

  1. Website Perusahaan ( Bisnis )

Website perusahaan ini menampilkan informasi mengenai semua hal yang ingin di presentasi-kan perusahaan ke publik. Perbedaan mendasar antara website perusahaan dengan e-commerce adalah website ini tidak menjual produk secara langsung, tetapi sebagai media perkenalan produk atau jasa sekaligus media pencitraan brand. Seperti website www.duniakreaasi.co.id

  1. Website Media

Website media merupakan website dengan Beragam informasi terkini yang dirilis secara cepat dan akurat, kolom-kolom opini, hasil riset, survei terbaru, hingga wawancara dengan tokoh berpengaruh ditampilkan di website ini. Website media mendapatkan profit biasanya dari iklan. Salah satunya seperti website di bawah ini :

  • Website Hiburan

Website hiburan yang  mengcangkup, film, video game, musik, komik, dunia selebriti, termasuk sesuatu yang dapat menghibur adalah jadi konten utama dari website hiburan. website hiburan lebih mengutamakan aspek kesenangan.

  • Website Organisasi

Website organisasi atau instansi memuat seluruh program yang ditawarkan oleh instansi atau organisasi terkait. Instansi pendidikan, pemerintahan, hingga LSM atau non-profit masuk dalam kategori website ini.

  • Website Komunitas

website komunitas merupakan Website konten yang dipublikasikan oleh kontributor, baik secara sukarela (bagian dari forum). Konten yang dibuat akan bergantung pada partisipasi orang-orang yang ada di forum tersebut.

  1. Blog

Blog biasanya berisi artikel yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan, ide atau pengalaman penulis. contoh blog adalah seperti Blog Raditya Dika yang mengawali karir-nya dengan menulis blog.

Tujuan dari blog ini adalah untuk berbagi pengetahuan yang berhubungan dengan web hosting, internet marketing dan hal lainnya. Untuk artikel yang diterbitkan setiap blog berbeda-beda, mulai dari satu hari satu artikel atau bahkan satu artikel dalam satu minggu. Hal ini tergantung dari kualitas artikel yang dibuat dan jumlah penulisnya.

Keuntungan membuat Website dalam Bisnis/Personal

  1. Sarana Publikasi Perusahaan

Sejak dulu website sudah bisa dimanfaatkan sebagai tempat utama untuk mempublikasikan perusahaan khususnya yang berbasis dengan teknologi dan internet. Selain itu melalui website juga sebagai sarana mempromosikan profil dari perusahaan dan mempromosikan berbagai jenis produk yang ingin dijual.

  1. Bangun Personal Branding

Dimulai dari manfaat website untuk pribadi, yaitu website untuk personal branding. Dengan website Anda bisa membangun personal branding yang kuat dan terpercaya. Anda bisa membagikan hasil karya dan portfolio Anda di website. Baik itu tulisan, foto, lukisan, gambar, desain grafis, hingga musik. Anda bisa membangun personal branding yang profesional menggunakan website.

  1. Sebagai Sarana Tempat Menjual Produk

Saat ini sudah banyak online shop yang memanfaatkan website sebagai sarana untuk dapat menarik pelanggan dengan mempromosikan barang dagangannya melalui website. Semakin menarik tampilan website anda maka akan semakin banyak pelanggan yang berkunjung.

  1. Berbagi Cerita dan Informasi

Sudah pernah baca cerita dari Raditya Dika? Atau Mungkin Anda pernah membaca kisah perjalanan Trinity Traveler. Mereka berdua adalah contoh blogger yang sukses bermodal cerita melalui website.

Anda pun bisa mengikuti jejak mereka dengan mulai membuat blog. Dengan membuat blog Anda bisa berbagi cerita atau informasi apa saja. Dari Story, traveling, parenting, teknologi, financial, hingga kuliner

  1. Menghasilkan Uang

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang menggunakan website. Anda bisa menjadi pembisnis, blogger atau influencer dan mendapatkan banyak endorsement atau tawaran kerja sama. Selain itu, Anda juga bisa mendaftarkan website ke Google AdSense untuk mendapatkan uang dari iklan Google.

Anda juga bisa mengikuti program affiliate marketing untuk menghasilkan uang dari website. Tugas Anda sebagai affiliate marketer adalah mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan lain di website Anda.

 

Dari pembahasan Tersebut Anda sudah memahami bukan apa itu website dan keuntungan menggunakannya, Anda akan mendapatkan semua keuntungan dari website tersebut apabila website anda memiliki nilai jual, akan tetapi jika tidak tentu saja itu tidak akan berpengaruh, jangankan menghasilkan akan ada yang melihat saja kemungkinannya sangat kecil. Oleh karena itu lebih baik buat dan konsultasi-kan website anda terlebih dahulu kepada Jasa Pembuatan Website profesional seperti www.duniakreasi.co.id

Baca Juga :

  1. Keunggulan Web Eksklusif & Web Template, Serta Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Profesional
  2. Pengertian, Kelebihan, dan Strategi Email Marketing
  3. Pengertian dan Perbandingan Email Marketing  Dan Email Marketing Automation
  4. Kesalahan-Kesalahan yang perlu diperhatikan dan Tips membuat Email Marketing yang tepat !
  5. Pengertian, Keuntungan, dan Tips menggunakan fitur Email Bisnis Automation !
  6. Pengertian dan Keunggulan Digital Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *