Taking too long? Close loading screen.

DIGITAL BRANDING: 9 Strategi dan Contohnya

Haii DKM’ers,,

Anda mungkin bingung harus membranding bisnis secara digital dari mana. Tenang saja, kami sudah merangkum apa saja strategi digital branding yang ampuh yang bisa Anda gunakan! Nah, di bawah ini adalah 9 strategi digital paling ampuh lengkap dengan contoh di setiap strateginya.

Namun jika ada belum mengetahui apa itu Digital Branding ada baiknya ada membaca artikel dibawah ini :

Baca Juga: Digital Branding adalah teknik manajemen merek yang>>Selengkapnya>>

Digital Branding: 9 Strategi Bisnis dan Contohnya

1. Logo

Logo seharusnya menjadi satu-satunya gambar yang pelanggan bisa kaitkan dengan merek. Logo sangat penting karena dialah yang menjadi identitas visual sebuah merek. Dengan bantuan logo, produk Anda akan lebih mudah dikenal dan diingat. Logo juga yang akan menjadi identitas utama di semua platform dan channel marketing yang Anda gunakan. Itulah mengapa penting untuk membuat logo yang mencerminkan kepribadian dan jiwa sebuah brand. Jika ada terlalu banyak ide dan referensi yang membuat Anda bingung dalam menentukan logo, berikut ringkasan poin-poin yang penting:

  • Tulisan atau gambar: Menentukan mau membuat logo dalam bentuk tulisan atau gambar adalah pilihan Anda. Jika Anda memilih logo dalam bentuk gambar hindari bentuk yang terlalu rumit.
  • Gaya desain: Setelah tahu mau logo gambar atau tulisan, sekarang saatnya menentukan gayanya. Gaya mana yang paling cocok dengan brand Anda. Apakah minimalis modern, retro vintage, atau fun enerjik. Sesuai dengan tujuan Anda.
  • Ukurannya: Logo yang Anda buat harus terlihat bagus di berbagai ukuran dan di berbagai bahan: kaos, poster, baliho, dan lain-lain. Yang harus diingat juga yaitu bahwa platform digital membutuhkan ukuran dan pencitraan khusus. Anda harus mendesain logo yang bisa tampak baik untuk profile picture, foto sampul, headers email, app button, dan lainnya.
  • Skema warna: Skema warna dapat membuat logo Anda menonjol dan menciptakan mood tersendiri. Tentukan warna apa yang nantinya akan menjadi standar materi branding produk atau layanan Anda. Sesuai karakter brand Anda.

Contoh Logo:

  • Logo Gojek: logo brand yang populer dan sukses menyampaikan pesan, fungsi, dan misi bisnisnya adalah Gojek. Contoh logo Gojek, dengan warna hijau. Logo bergambar tombol power menunjukkan bahwa dengan satu kali sentuh, Anda bisa menemukan berbagai layanan selain ojek online. Logo tersebut juga menggambarkan sebuah helm yang dipakai pengemudi gojek yang merupakan layanan utama Gojek.

Logo bisa disamakan dengan karakter dan nilai bisnis Anda, dan juga industri dan target pasar Anda. Menciptakan logo adalah langkah penting dalam menciptakan digital brand yang sukses. Jadi lakukanlah yang terbaik

2. Website

Jika logo adalah simbol dari bisnis, maka website adalah tempat digital yang berfungsi sebagai etalase. Ketika pelanggan ingin mengetahui lebih banyak tentang sebuah produk atau jasa: informasi umum,pelayanan, dll.

Ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan ketika akan membuat website untuk bisnis:

  • Nama domain: Jika ingin bisnis Anda terlihat profesional di mata pelanggan, gunakanlah nama domain yang tepat. Beberapa domain yang bisa Anda pilih yaitu: .co.id, .com, .net, .org, .net. Atau, Anda bisa juga mencoba domain unik sebagai alternatif nama domain bisnis Anda.
  • Hosting: Hosting adalah layanan untuk menyimpan semua data, file, gambar pada sebuah website. Pilihlah hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika bisnis Anda membutuhkan banyak sumber daya agar dapat memuat lebih banyak data tapi tetap mudah diakses, itu berarti Anda butuh cloud hosting. Tapi jika Anda ingin hosting yang mudah dikelola dan murah, Anda bisa menggunakan shared hosting.
  • Desain web: Website yang efektif adalah website yang sederhana dan mudah dinavigasi. Merampingkan desain dan mempertahankan konsistensi brand dengan warna yang cocok pada logo Anda bisa jadi cara jitu.
  • Struktur: Situs web Anda juga harus memiliki struktur yang mudah dijelajahi. Artinya, manusia dan mesin pencari dapat menavigasi semua informasi yang disajikan di situs web dengan mudah. Dengan kata lain, kontennya harus mudah terindeks oleh mesin pencari sehingga konten Anda tidak tersesat di internet.
  • Aman dan nyaman: Website Anda harus aman dari peretas agar audiens bisa merasa nyaman saat berkunjung. Pastikan untuk memberikan keamanan ekstra Anda dengan memasang SSL di website, agar data dan informasi di website Anda aman selalu. Anda perlu juga memeriksa setiap link, tombol, dan gambar pada situs web Anda secara berkala. Ingat, error sekecil apa pun dapat memberikan kesan yang buruk.

Contoh Website:

Website DK Marketing adalah satu contoh website bisnis yang Profesional dan Lengkap. Anda bisa melihat Info umum, Produk, Promo yang ditawarkan, Fitur Konsultasi (Live Chat), Blog tetang Bisnis dan Digital Marketing. Dengan Desainnya Profesional, struktur user friendly, plus nama domainnya ringkas dan diingat.

3. Brand Messaging

Brand messaging adalah apa yang ingin bisnis Anda sampaikan ke calon pelanggan. Misalnya, jika Anda membuka sebuah kedai kopi dengan biji kopi petani lokal, sebaiknya Anda menyebutkannya di brand message. Pesan atau message yang Anda sampaikan harus sesuai dengan apa yang bisnis Anda lakukan dan misi bisnis Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu fokus pada keinginan dan kebutuhan pelanggan. Bukan hal yang mudah untuk membuat brand messaging yang berkesan di pasar yang begitu ramai. Tapi bukan berarti tidak mungkin, kan? Bagaimana caranya? Anda bisa lihat poin-poin di bawah ini:

  • Tentukan ciri khas: Dengan memiliki ciri khas, pesan brand Anda menjadi lebih mudah diingat. Melakukan riset kecil pada kompetitor di industri bisnis yang sama tentu akan sangat membantu dalam menonjolkan keunikan brand Anda.
  • Gunakan Jargon: Jargon akan membantu calon pelanggan Anda untuk tahu lebih banyak apa yang produk Anda tawarkan. Banyak brand yang mulai menggunakan jargon untuk menyampaikan brand messaging.
  • Tentukan style: Dalam menyampaikan brand messaging, penting bagi Anda untuk melihat siapa target pasar bisnis Anda. Jika target pasar Anda adalah wanita dewasa, tentu baiknya anda mengunakan gaya Feminim nan elegan. Gaya inilah yang akan Anda gunakan setiap Anda menyampaikan brand messaging. Entah itu di sosial media, website, iklan online, dan lain-lain. ingat selalu bahwa brand messaging disampaikan ke audiens secara online. Sehingga, Anda perlu mengikuti apa yang sedang tren.

4. SEO

Search Engine Optimization memastikan brand Anda dan apa yang ditawarkan menjadi mudah ditemukan oleh mesin pencari.  Anda bisa menggunakan tool seperti Ahrefs, Ubersuggest, atau Keyword Tool untuk menemukan rekomendasi kata kunci yang digunakan dalam artikel.

Ada delapan indikator utama SEO. Meskipun begitu, indikator ini bisa saja berubah karena bergantung dengan algoritma Google. Apa saja kedelapan indikator utama SEO untuk saat ini? Anda bisa lihat listnya di bawah ini:

  • Struktur URL: Struktur URL yang sederhana akan mempermudah mesin pencari mengenali website Anda. Misalnya seperti: https://www.sebuah website.id/judulkonten
  • Penggunaan SSL/TLS: SSL/TLS berfungsi mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di website agar keamanan data pengguna terjamin. Website yang tidak memiliki SSL/TLS juga akan ditandai Google Chrome sebagai not secure.
  • Topik Konten: Untuk membangun struktur website yang baik, Anda perlu memiliki beberapa konten dengan topik yang saling berhubungan. Misalnya Anda menulis konten blog dengan topik utama kuliner. Maka sebaiknya, Anda juga menulis konten tentang wisata, atau resep makanan.
  • Search Intent: Search intent atau maksud pencarian adalah apa yang diinginkan dari mayoritas pencari terhadap sebuah keyword. Contohnya ketika Anda memasukkan keyword “marketing” di Google. Maka akan muncul jasa marketing.
  • Meta Tags: Meta tags adalah gabungan dari title tag dan meta description. Fungsi meta tag yaitu membantu Google untuk memahami keseluruhan konten di website Anda. Title tag atau judul artikel yang muncul di hasil pencarian tidak boleh terlalu panjang. Sedangkan untuk meta description atau deskripsi konten, panjangnya maksimal 130 karakter saja.
  • Backlink: adalah salah satu faktor penting dalam SEO. Semakin banyak backlink ke website Anda, maka semakin kredibel website Anda menurut Google. Namun, tentu backlink tersebut harus berasal dari website atau blog yang berkualitas.

5. Email Marketing

Dengan berbagai tool keren di luar sana yang dapat memasarkan merek Anda secara digital. Email adalah salah satu cara mudah untuk menjangkau pelanggan, terutama yang tidak menggunakan sosial media. Perhatikan juga beberapa hal di bawah ini mengenai email marketing:

  • Buat daftar email bertarget: Membuat daftar email bertarget dengan konten yang kuat dapat menarik lebih banyak pengunjung di web. Anda bisa juga memasukkan pop-up dengan newsletter signup di landing page Anda agar pengunjung website Anda meningkat.
  • Tentukan apa yang ingin dicapai: Yang perlu Anda ingat, sebelum mengirim email dalam jumlah banyak, identifikasi dulu apa yang ingin Anda capai. Apakah Anda ingin mengenalkan produk baru, atau Promo. Tujuan Anda harus dapat mengarahkan segalanya, dari kata-kata hingga gambar yang akan digunakan.
  • Pilih segmen pelanggan yang spesifik: Tujukan email Anda pada segmen pelanggan yang lebih spesifik. Tulislah email dengan gaya bahasa yang baik dan menyenangka sesuai dengan bisnis Anda. Sertakan juga foto, video, dan informasi bermanfaat yang tidak hanya focus penjualan, tapi juga dapat aktif membangun ikatan antara brand Anda dan pelanggan.

Contoh digital branding Email marketing:

Salah satu contoh brand yang melakukan digital branding dengan email marketing adalah Traveloka. Terlepas dari brand ini merupakan pionir layanan pemesanan tiket dan booking hotel.

6. SOSIAL MEDIA

Hampir semua orang memiliki sosial media. Sejak kemunculannya, sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya memang telah mengisi sebagian besar sisi kehidupan manusia. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan peran media sosial untuk digital branding agar menarik lebih banyak pelanggan. Anda bisa sesuaikan setiap postingan tentang brand Anda dengan platform sosial medianya, seperti di bawah ini :

  • Instagram: Usahakan untuk selalu membuat konten yang menarik secara visual di platform ini agar mendapat banyak likes dan comment.
  • Twitter: Media sosial yang satu ini menonjol karena kemudahannya merespons berita atau kejadian yang realtime. Jadi usahakan untuk selalu uptodate dengan tren yang sedang berkembang di internetTwitter marketing
  • Facebook: Bisa dibilang media sosial yang satu ini mencakup semua keunggulan dari media sosial di atas. Anda dapat menujukan dibalik layar atau info dan update terbaru, anda juga dapat menjual di marketplace atau mendaftar di facebook bisnis untuk blog halaman. Agar bisa otomatis terhubung dengan layanan yang sudah anda pilih dan siapkan.

7. Online Advertising

Iklan online dapat dijadikan salah satu digital branding yang sangat ampuh karena lebih terukur dan beragam formatnya. Saat ini ada begitu banyak media untuk beriklan di dunia digital, seperti:

  • Search engine ads: iklan ini dapat membuat situs web Anda berada di bagian atas halaman seperti di Google, sehingga pelanggan dapat melihat produk atau brand Anda lebih dulu.
  • Display ads: Iklan ini adalah spanduk yang dapat diklik dan Anda temukan di halaman web di internet.
  • Social media ads: baik Facebook, Twitter, maupun Instagram, Anda dapat pay-to-play, yang berarti postingan Anda akan otomatis muncul di feed pelanggan.
  • Mobile feed dan desktop feed ads: Iklan ini sering muncul sebagai “suggested content” di feed seluler dan desktop pengguna. Iklan ini terkesan lebih natural karena mereka terintegrasi secara langsung ke feed dan bercampur dengan konten tidak berbayar lainnya.
  • Retargeting ads: Iklan ini menjangkau pelanggan yang memang telah memiliki minat pada layanan Anda, baik dengan menyukai halaman Facebook Anda.
  • Google Adwords: adalah fitur dari Google untuk menampilkan paid search atau iklan berbayar di hasil pencarian Google. Dengan Google Adwords, Anda bisa menampilkan iklan Anda di hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu.

8. Content Marketing

Tidaklah mudah membuat pelanggan setia terhadap brand Anda, dan membuatnya terus kembali untuk membeli produk atau layanan Anda. Itu mengapa membangun ikatan begitu penting.  Konten marketing adalah salah satu cara ampuh untuk menciptakan ikatan antara audiens dan produk Anda. Jika pemasaran digital menekankan penjualan, pemasaran konten lebih fokus pada keterlibatan audiens dengan konten Anda. Berikut ada beberapa strategi konten marketing yang bisa Anda ambil:

  • Tentukan tujuan: Anda bisa menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time-Bound) dalam menentukan tujuan.
  • Riset buyer persona: Buyer persona merupakan representasi dari tipikal target pelanggan bisnis Anda. Buyer persona berisi data demografis: nama, dll.
  • Pilih platform: Untuk menerbitkan konten, Anda perlu platform. Saat ini, WordPress masih menjadi platform terbaik untuk menerbitkan konten blog.
  • Tentukan jenis konten yang akan dibuat: Anda bisa membuat konten untuk tiap tahapan buyers journey. Misalnya di tahap awareness, ketika seseorang sedang mencari informasi produk. Anda bisa membuat konten blog post yang edukatif.

9. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah bentuk marketing yang menggunakan orang dengan pengikut sosial media yang besar untuk memposting tentang brand Anda. Prosesnya juga tidak terlalu rumit: Pilihlah salah seorang influencer yang sesuai dengan misi dan bisnis Anda. Siapkan Konsep dan Info, Sesuaikan anggaran. Maka dia akan membicarakan produk anda kepada pengikutnya. Meskipun influencer dibayar untuk berbicara tentang merek Anda, mereka akan membuat konten sesuai dengan gaya dan kreativitas yang mereka miliki. Dengan begini, tentu tugas tim marketing jadi sedikit lebih ringan. Soal memilih siapa influencer yang tepat juga tidak bisa asal. Anda harus memilih influencer yang sesuai dengan brand Anda

Dari strategi Marketing diatas tentu terlihat rumit bukan, karena anda harus memastikan semuanya sendiri. ada baiknya anda konsultasikan terlebih dahulu. karena alih-alih membuat bisnis anda berkembang, justru nantinya hanya akan membuat anda membuang-buang angaran bisnis saja. Oleh karena itu Konsultasikan dan pelajari lebih lanjutt>>

Baca Juga :

  1. Pengertian Lengkap Tentang DIGITAL BRANDING
  2. Pengertian IKLAN Lengkap dan Jenis Jenisnya !
  3. Dampak Pandemi Bagi Bisnis Retail dan Win Solution!
  4. Pengertian dan 7 Jenis Ide Bisnis Jual Online yang dapat Menjajikan untuk Anda !
  5. Pengertian Lengkap dan Jenis-Jenis Video Marketing Serta Pengaruhnya dalam Bisnis !
  6. Pengertian, Keuntungan, dan Tips menggunakan fitur Email Bisnis Automation !

 

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *