Taking too long? Close loading screen.

IKLAN: Contoh, Tujuan Fungsi, dan Ciri-Ciri IKLAN yang Efektif

IKLAN: Contoh, Tujuan Fungsi, dan Ciri-Ciri IKLAN yang Efektif

Haii DKM’ers,,

Anda tentu sudah tidak asing bukan dengan kata IKLAN? Ya, dengan kemajuan teknologi saat ini iklan makin banyak berseliweran disekitar kita baik yang ditayangkan dan disiarkan melalui media elektronik maupun non elektronik. Iklan ini dibuat dengan tujuan tertentu, baik untuk menarik calon konsumen hingga demi kebutuhan tertentu. Oleh karena itu Kami melanjutkan Artikel kami sebelumnya tentang Iklan, kali ini kami akan membahas Tujuan, Unsur dan Manfaat saat anda mengunakan iklan untuk Produk/Jasa Perusahaan Anda.

Sebelum lebih lanjut pelajari dulu Apa itu iklan di artikel kami sebelumnya :

Baca Juga: Iklan adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang>>selengkapnya>>

Contoh Iklan dalam beberapa Jenis Model

Setelah mengetahui pengertian iklan, Anda juga perlu mengetahui  Contoh Iklan seperti berikut :

  1. Iklan Slogan

Iklan slogan adalah salah satu contoh iklan yang menggunakan kalimat pendek dan singkat yang digunakan sebagai dasar tuntunan dan pegangan hidup.

Slogan atau yang biasa disebut dengan motto atau semboyan adalah salah satu contoh iklan yang mengutamakan penggunaan kalimat yang simple dan padat, namun memiliki pesan mendalam.

Iklan slogan biasanya tidak menggunakan gambar ilustrasi atau visual yang menarik, namun hanya berupa tulisan saja.

Contoh dari iklan slogan misalnya slogan “Hemat Pangkal Kaya” yang berarti kita harus hemat dan jangan mengambur-hamburkan uang atau slogan “Dua Anak Cukup!” yang berarti memiliki dua anak saja untuk menekan laju pertumbuhan penduduk.

  1. Iklan Poster

Iklan poster adalah iklan yang terdiri dari kalimat pesan dan gambar ilustrasi yang berisi tentang pengenalan suatu produk, pemberitahuan mengenai suatu hal, yang bertujuan untuk memberitahukan dan membujuk masyarakat.

Poster dapat Anda temui di tempat-tempat umum. Poster biasanya di pajang atau ditempel-kan pada tiang listrik atau tembok.

Untuk bisa menarik perhatian masyarakat, poster dibuat semenarik mungkin dengan memadukan bahasa yang menarik, singkat, padat, dan jelas, serta visualisasi atau gambar ilustrasi yang indah dan sesuai dengan isi iklan.

Contoh iklan poster misalnya iklan pertunjukan teater, festival seni dan kebudayaan, konser musik, lomba menggambar dan mewarnai, dan lain-lain.

  1. Iklan Video

Video iklan suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, instansi, atau perusahaan, yang isinya berupa pesan Video atau Gambar bergerak yang menarik tentang sebuah produk atau jasa yang di-tawarkan. Yang bertujuan untuk membujuk atau edukasi masyarakat sehingga menjadi tertarik dan menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Pada umumnya video iklan berbentuk informasi non personal mengenai sebuah produk atau jasa, perusahaan, merek, dan lainnya, dengan kompensasi biaya tertentu. Semua komunikasi dalam bentuk iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian atau membujuk orang lain untuk membeli atau melakukan sesuatu yang menguntungkan si pembuat iklan.

Biasanya Iklan video dipasang di berbagai media digital agar terlihat oleh banyak orang. Contoh bisanya iklan video ada di: Televisi, papan reklame videotron/ megatron, Situs Berita, Blog, Media Sosial, Mesin Pencari, dan Situs Online.

Tujuan dan Fungsi IKLAN

Tujuan Iklan :

Lalu setelah anda mengetahui beberapa jenis model Iklan, berikut adalah tujuan dibuatnya sebuah iklan :

  • Untuk mengenalkan dan memberikan informasi suatu produk barang atau jasa kepada masyarakat
  • Untuk membujuk masyarakat agar tertarik untuk menggunakan dan membeli produk yang di-iklankan
  • Untuk meningkatkan pemasaran atau penjualan suatu produk
  • Untuk menaikkan Branding atau Traffic pada suatu perusahaan maupun individu

Fungsi Iklan :

Selain memiliki Tujuan ikan juga tentunya berfungsi sebagai berikut :

  • Sebagai tempat atau wadah mengenai informasi produk, baik barang maupun jasa yang ditawarkan melalui iklan
  • Sebagai alat komunikasi untuk mengenalkan, menyebarluaskan, dan memasarkan suatu produk, sehingga pihak pemasang iklan, pembuat iklan, dan konsumen diuntungkan dari iklan tersebut.
  • Melalui iklan Anda dimudahkan dalam mengakses dan memperoleh informasi mengenai suatu barang atau jasa. Iklan juga akan membantu Anda memperoleh informasi terbaru mengenai suatu program, kegiatan, atau acara tertentu yang disiarkan melalui media massa yang ada.

Ciri-Ciri Iklan Yang Efektif Harus Memiliki Apa ?

Jika Anda sudah  mengetahui apa itu iklan dan berguna sebagai apa? Dan Anda mulai tertarik dan ingin membuat Iklan, Berikut kami berikan Ciri-ciri iklan yang efektif harus memiliki fitur sebagai berikut :

  1. Jangkauan maksimum

Iklan harus dilakukan sedemikian rupa dan melalui media sedemikian rupa sehingga orang yang mungkin menjadi pelanggan pada satu waktu mencapai jumlah maksimum.

Oleh karena itu penimbunan di jalan raya nasional, atau publisitas tentang kereta api atau bus angkutan umum adalah media yang baik untuk tujuan ini.

  1. Ekonomi

Anggaran yang dihabiskan untuk iklan harus terbukti ekonomis dengan pesan yang tersebar luas menghasilkan hasil yang baik dalam bentuk semakin banyak permintaan dan penjualan.

  1. Menarik Pelanggan

Kata-kata, frasa yang digunakan, ide-ide yang menampilkan produk atau layanan harus dapat menarik perhatian publik dan menarik pelanggan sebanyak mungkin setiap saat.

  1. Dapat meyakinkan orang

Salah satu tujuan penting dari Periklanan adalah untuk membuat orang percaya pada apa yang Anda katakan atau sampaikan melalui iklan.

Itu harus memiliki efek persuasif, menimbulkan keingintahuan di benak pelanggan untuk melihat, mencoba produk yang Anda tampilkan melalui iklan dan harus berhasil meyakinkan prospek tentang fitur dan utilitas yang baik.

Jadi iklan harus mampu meyakinkan orang-orang melalui statistik, atau pengalaman yang diriwayatkan oleh pelanggan yang puas atau mendapatkan pengakuan dalam bentuk beberapa penghargaan untuk fitur terbaiknya.

  1. Layak dipercaya

Iklan harus berbicara hanya tentang kebenaran produk. Tidak membuat gambar yang salah, tidak relevan atau sama sekali berbeda dari produk asli.

  1. Mengikuti praktik Periklanan standar

Sementara kehati-hatian iklan harus dilakukan untuk memastikan bahwa itu layak dalam segala hal, iklan tidak boleh menyebabkan kerusakan sosial apa pun atau mengakibatkan ledakan sentimen terhadap produk atau perusahaan atau cara publisitas-nya. Standar etika yang ditetapkan dalam garis aturan iklan harus dipatuhi.

 

Dari Penjelasan mengenai iklan di atas adalah lanjutan dari artikel kami sebelumnya yang mengenai IKLAN. lalu  mungkin anda akan tertarik dan mulai ingin mengetahui lebih lanjut dan memulai memasang Iklan untuk Produk atau Jasa yang anda miliki, Tapi sebelum itu ada baiknya ada Konsultasi-kan terlebih dahulu kepada ahlinya. Pelajari lebih lanjut>> 

Baca Juga :

  1. Pengertian IKLAN Lengkap dan Jenis-Jenisnya !
  2. Macam-macam Bisnis Online berdasarkan sistemnya dan 7 Keuntungannya
  3. Dampak Pandemi Bagi Bisnis Retail dan Win Solution!
  4. Kelebihan & Keuntungan Membuat Video Marketing Untuk Promosi Bisnis Online!
  5. Pengertian Lengkap dan Jenis-Jenis Video Marketing Serta Pengaruhnya dalam Bisnis !
  6. Keunggulan Web Eksklusif & Web Template, Serta Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Profesional

 

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *