Taking too long? Close loading screen.

PENTINGNYA TEAMWORK YANG SOLID DALAM PERUSAHAAN!

PENTINGNYA TEAMWORK YANG SOLID DALAM PERUSAHAAN!

Haii DKM’ers,,

Perusahaan merupakan satu sistem kerja yang digerakkan oleh setiap bagian, sehingga dapat mencapai target yang telah ditetapkan. Untuk mencapai target sesuai dengan waktu yang ditentukan, perlu beberapa tim kerja yang sinkron dan bersinergi. maka dari itu sangat penting bagi perusahaan memiliki TeamWork yang solid dan kompeten. Berikut adalah alasan dan hal yang perlu anda lakukan dalam membuat tim kerja yang solid.

Baca Juga: Team Work adalah hal yang harus dimiliki pada setiap tim, dalam Membangun>>Selengkapnya>>

Mengapa membangun Kerjasama Tim/ Team Building itu Penting?

Keberadaan tim kerja sendiri mutlak dalam satu perusahaan, Setiap pekerjaan harus diselesaikan tepat waktu, yang mana hal ini sangat sulit jika dikerjakan oleh satu orang saja. Meski pada praktiknya kerja yang dilakukan adalah secara individu, namun individu-individu ini pada satu kelompok kecil untuk menghasilkan output yang menjadi tugasnya.

Sebab, teamwork pada tim yang solid mampu membuat perusahaan untuk terus berkembang dan bertahan dalam menghadapi persaingan bisnis. Oleh karena itu, menjaga kolaborasi tim dan membangun tim yang solid menjadi penting bagi sebuah perusahaan.

Jika tim kerja dalam perusahaan kurang maksimal dan tidak bisa bekerja sama, maka perkembangan bisnis akan terhambat dan mengalami banyak kendala. Bagaimanapun, suatu pekerjaan yang dikerjakan bersama dengan benar tentu akan terasa ringan daripada dikerjakan sendiri.

Dengan kerjasama tim/team yang buruk akan sangat menghambat bisnis Anda bahkan bisa membuat usaha yang sudah Anda bangun mati-matian bisa mati betulan. Oleh Karena itu Anda harus benar-benar fokus untuk membangun tim atau bahasa keren-nya team building.

Dalam bekerja di suatu perusahaan tentunya memerlukan sinergi setiap tim antar divisi/departemen agar dapat mencapai target keseluruhan. Disamping itu, pada tingkat individual, kerjasama juga penting sebagai wadah untuk memperdalam keahlian interpersonal dan interpersonal, atau bagaimana mengenal atau berinteraksi dengan sesama kolega atau dengan atasan.

BERIKUT HAL YANG DAPAT DILAKUKAN DALAM MEMBANGUN TEAM KERJA YANG SOLID:

Sesuatu yang sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan. Selama Anda tahu caranya, pasti bisa membangun kerja tim yang solid dan efektif. Ingin tahu caranya? Berikut adalah yang dapat anda lakukan untuk membangun teamwork yang solid:

  1. Pilih Tim Kerja Berkualitas

Memilih tim kerja yang berkualitas menjadi dasar untuk membangun teamwork yang solid. Mulailah dengan cara memilih Team Leader dengan jiwa kepemimpinan yang baik Kemudian, pilih tim manajemen dengan pandangan bisnis yang luas dan memiliki ide-ide kreatif.

Bentuk tim pelaksana yang memiliki pengetahuan tentang bisnis, ataupun tim marketing yang memiliki strategi pemasaran tepat. Dengan tim kerja yang berkualitas seperti itu, maka semua tim yang telah dibentuk dapat saling mendukung dan berjalan bersama untuk mencapai target bisnis yang diinginkan.

  1. Profesionalitas

Profesionalitas kemudian jadi syarat mutlak untuk kinerja tim yang efektif dan efisien. Setiap anggota, harus mampu mengesampingkan segala permasalahan pribadi dan fokus pada tugas yang dimilikinya. Sehingga secara objektif, pekerjaan yang ditugaskan dapat dilakukan dengan baik dan sesuai standar.

Hal yang sama berlaku ketika antar anggota tim memiliki permasalahan pribadi. Permasalahan ini, jika tidak ada sangkut pautnya dengan pekerjaan, harus dikesampingkan demi pekerjaan yang menunggu. Tentu saja, Anda tidak membayar karyawan untuk bertengkar namun untuk bekerja, bukankah begitu?

  1. Membangun Kebersamaan dan saling Menghargai

Kunci dari menciptakan tim kerja yang solid adalah Kebersamaan dengan begitu akan munculnya rasa saling percaya dan saling menghargai. Cara yang dapat dilakukan adalah memulai untuk saling berbagi kepada rekan satu tim dalam hal apapun, baik suka maupun duka.

Hilangkan rasa curiga antar rekan satu tim dan mulailah untuk mengerjakan sesuatu bersama-sama. Team leader bisa mengajak tim makan atau keluar bersama sesekali untuk membuat tim lebih dekat dan akrab. Dengan catatan, hal itu tidak mengganggu kinerja tim dalam menyelesaikan suatu project.

Sikap saling menghargai perlu ditanamkan pada setiap karyawan sejak saat rekruitmen tim dilakukan. Khususnya pada hal-hal yang bersifat kepentingan personal dan mendesak, setiap anggota tim sebaiknya dapat memahami dan menghargai kepentingan tersebut.

  1. Melakukan Evaluasi

Kunci sukses sebuah kerja tim adalah evaluasi, Dari evaluasi ini bisa dilihat mana yang sudah berjalan sesuai rencana, mana yang harus mendapat suntikan motivasi, atau kekurangan apa yang harus diperbaiki.

Evaluasi bukan bertujuan mencari kesalahan. Tapi lebih memberi arahan dan masukan agar proses kerja selalu bisa berada di jalur yang direncanakan. Kalaupun ada perubahan, itu merupakan hasil yang sudah disepakati bersama.

Dengan evaluasi, tingkat kesuksesan kerja tim bisa dipantau dan diawasi dengan baik, Masalah dan konflik bukan menjadi hal yang mustahil terjadi dalam sebuah teamwork.

Hal tersebut bisa muncul karena berbagai faktor, seperti rasa tidak percaya, saling bersaing, dan lain sebagainya. Namun hal tersebut tentu akan sulit untuk diukur. karena itu, cara terbaik untuk mencari tahu adalah dengan melakukan evaluasi kinerja dari ekspetasi dan tujuan tim.

Mau Perusahaan anda terlihat Profesional ? Klik untuk pelajari lebih lanjut

  1. Definisikan Peran dan Delegasi-kan Tugas

Penting bagi perusahaan sebelum membentuk sebuah tim kerja untuk memberikan penjelasan mengenai tanggung jawab dan peran tugas masing-masing individu. Kejelasan peran menjadi hal yang penting bagi kesuksesan tim ke depan.

Bila masing-masing individu saling mengerti tugas dan tanggung jawabnya secara baik, maka akan sangat membantu dalam membangun teamwork yang solid dan kolaboratif.

Dalam menjelaskan peran dan mendelegasikan tugas, jangan lupa untuk selalu memberikan support dan motivasi kepada tim.

  1. Membuat Kegiatan di Luar Kantor / Bonding

Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, membangun rasa kebersamaan dan saling percaya serta teamwork yang solid dapat diwujudkan dengan membuat kegiatan bersama tim di luar kantor.

Agar lebih memahami karakter dan kepribadian yang mungkin berbeda satu sama lain, menjadwalkan kegiatan di luar kantor sesekali menjadi hal yang penting dilakukan. Kegiatan ini akan memberikan tim kerja cara berbeda untuk berinteraksi, menciptakan suasana santai dan membangun lebih banyak chemistry antar rekan satu tim secara pribadi di luar pekerjaan.

  1. Buat Sistem Penghargaan atau Memberikan Bonus

Pacu motivasi bekerja seluruh tim dengan membuat sistem Rewards atau Bonus memberikan mereka Rewards. Inti dari pemberian penghargaan ini adalah agar seluruh tim merasa kerja keras mereka dihargai oleh perusahaan. Dengan begitu team yang anda berikan akan semakin giat dan royal dalam memberikan loyalitas terhadap Perusahaan.

Selain itu, dengan sistem penghargaan, anggota tim yang lain pun akan terpacu untuk memberi yang terbaik. Sehingga diharapkan nantinya, semuanya akan bekerja secara optimal dan mampu mencapai tujuan secara bersama-sama.

Ada banyak bentuk Rewards yang bisa diterapkan. Dari mulai membuat label “karyawan terbaik bulan ini”, “karyawan dengan penjualan terbanyak”, atau bahkan pemberian bonus di luar upah yang diterima setiap bulan.

Bonus tidak melulu soal uang, Anda dapat memberikan berupa barang atau makanan. Untuk siapa pun yang memilih Prestasi atau sudah membantu mencapai Target yang Anda berikan.

  1. Pengkajian Performa Team dan Umpan Balik

Setelah selesai kerjasama tim, jangan lupa untuk mengkaji ulang performa ekspektasi dan tujuan tim, Dan jangan lupa meminta umpan balik dari rekan-rekan tim Anda. Hal ini perlu untuk mengukur apakah pencapaian kinerja tim.

Berikanlah Rewards (hadiah) dan insentif seperlunya untuk memotivasi seluruh anggota tim agar kinerjanya lebih baik di masa depan dan sebagai bukti penghargaan atas kerja sama. Sehingga tidak akan ada lagi tim Anda yang menambah penghasilan dari uang yang tidak halal dibelakang Anda.

 

-Kesimpulannya adalah, bahwa maju dan tidaknya bisnis Anda tergantung dengan kerjasama tim yang Anda miliki, dan bagaimana Anda membangun dan menghargai team tersebut agar menjadi team yang solid dan memiliki tujuan yang sama. Semoga artikel ini bermanfaat, Jika ada yang ingin Anda tanyakan Klik untuk pelajari lebih lanjut>>

Baca Juga:

  1. Cara Membentuk Sikap Yang Baik Dalam Membangun TEAM WORK Perusahaan
  2. Mengenal BRAND POSITIONING Serta Aspek Dan Strateginya Untuk Persaingan Bisnis !
  3. Pengertian Iklan Online Serta Tujuan & Jenis-Jenisnya
  4. Kelebihan Dan Keuntungan Menggunakan Iklan Online
  5. 7 Strategi Pemasaran dan Hal-Hal alam Strategi Marketing Selama Pandemi
  6. IKLAN:Contoh, Tujuan, Fungsi dan Ciri-Ciri Iklan yang Efektif 
  7. Macam-macam Bisnis Online berdasarkan sistemnya dan 7 Keuntungannya

 

Sumber: www.beecloud.id / www.talenta.co / www.sleekr.co

Share :

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on telegram
Telegram
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *